BolaSkor.com - Di MotoGP, hanya tiga pabrikan yang lebih dari 10 kali memenangi kejuaraan dunia. Di antara ketiga pabrikan tersebut, satu di antaranya adalah Yamaha.

Kali pertama Yamaha memenangi MotoGP adalah pada 1975. Saat itu motor mereka dikendarai oleh pembalap legendaris asal Italia, Giacomo Agostini.

Itu merupakan gelar kedelapan Agostini, sekaligus penutup kariernya. Akan tetapi, Agostini lebih berjaya saat mengendarai MV Augusta, dengan tujuh gelar MotoGP.

Total, ada enam pembalap berbeda yang memenangi MotoGP bersama Yamaha. Dua di antaranya adalah pembalap legendaris Amerika Serikat, Wayne Rainey dan Eddie Lawson.

Baca Juga:

3 Pembalap Terbaik Sepanjang Masa Honda di MotoGP

Maverick Vinales Sarankan MotoGP Hanya Jalankan Separuh Musim

Keduanya sama-sama tiga kali menjadi juara dunia bersama Yamaha. Lawson pada 1984, 1986, dan 1988, sementara Rainey tiga musim beruntun sejak 1990 hingga 1992.

Di antara enam pembalap yang pernah memenangi MotoGP bersama Yamah, tentu ada yang terbaik. Setidaknya, tiga pembalap yang akan disebutkan ini layak mendapat predikat tersebut.

Siapakah mereka? Berikut ini BolaSkor.com merangkum daftarnya:

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo menjalani debut di MotoGP pada 2008. Hanya butuh waktu dua tahun sebelum Lorenzo pada akhirnya memenangi Kejuaraan Dunia MotoGP.

Pembalap asal Spanyol tersebut akhirnya memenangi tiga gelar MotoGP sebelum pensiun pada 2019. Ketiga gelar itu diraih oleh Lorenzo pada 2010, 2012, dan 2015.

Di luar itu, Lorenzo juga tiga kali menjadi runner up MotoGP. Setelah dari Yamaha, dia sempat pindah ke Ducati dan Honda, meski tidak meraih hasil yang diinginkan.