BolaSkor.com - Suzuki merupakan salah satu pabrikan dengan sejarah panjang di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Tercatat pabrikan asal Jepang ini telah mengantarkan lima pembalap menjadi juara dunia MotoGP (dahulu bernama 500 cc).

Rinciannya Barry Sheene musim 1976 dan 1977. Kemudian Marco Lucchinelli tahun 1981. Berlanjut Franco Uncini satu musim berikutnya. Plus Kevin Schwantz dan Kenny Roberts, Jr tahun 1993 dan 2000.

Baca Juga:

Ketenangan Jadi Kunci Alex Rins Menangi MotoGP Austin

Dua Makna Penting dari Kemenangan Alex Rins di MotoGP Amerika

Chris Vermeulen
Chris Vermeulen (Zimbio)

Namun usai momen Robert, Jr jadi juara musim 2000, Suzuki mengalami pasang surut. Pada Juni 2013, tim ini bahkan memutuskan mundur dari ajang MotoGP. Namun musim 2015, tim yang identik dengan kelir biru ini memutuskan comeback.

Tidak heran karena pasang surut ini, tercatat hanya tiga pembalap yang bisa membawa Suzuki merasakan kemenangan sejak era MotoGP dimulai musim 2002. BolaSkor.com pun telah mengumpulkan ketiga nama tersebut.

1. Chris Vermeulen (MotoGP Prancis 2007)

Chris Vermeulen merupakan pembalap pertama pada era MotoGP yang bisa membawa motor Suzuki finis pertama. Dia meraihnya pada lomba MotoGP Prancis 2007 di Sirkuit Le Mans, 20 Mei.

Start lomba sendiri berlangsung pada trek basah. Di pertengahan lomba, pembalap sampai harus berganti motor. Vermeulen pun memanfaatkan kesempatan ini dengan finis pertama mengalahkan Marco Melandri.

Total Vermeulen naik podium tujuh kali selama memperkuat Suzuki musim 2006-2009. Tahun 2010 kontrak Vermeulen tidak diperpanjang dan tempatnya digantikan pembalap asal Spanyol, Alvaro Bautista.

(Klik Halaman Berikutnya)