3 Pertemuan Bersejarah Terakhir Arsenal Vs Liverpool di Community Shield

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 28 Agustus 2020
3 Pertemuan Bersejarah Terakhir Arsenal Vs Liverpool di Community Shield
Arsenal vs Liverpool di Community Shield (Twitter)

BolaSkor.com - Dihelatnya Community Shield yang dulunya bernama Charity Shield acapkali dilihat sebagai tabir pembuka tirai musim baru Premier League. Ajang itu biasanya dilangsungkan sepekan sebelum Premier League.

Dua tim yang bertemu di Wembley adalah juara Premier League dan juara Piala FA. Dalam edisi terkini mempertemukan Liverpool (juara Premier League) dengan Arsenal (juara Piala FA) di Wembley, Sabtu (29/09) pukul 22.30 WIB.

Liverpool menjuarai Premier League untuk kali pertama setelah 30 tahun di bawah asuhan Jurgen Klopp. Sementara Arsenal mempertegas rekor titel Piala FA mereka menjadi 14 kali juara setelah menang 2-1 atas Chelsea di final.

Baca Juga:

Nostalgia - Sejarah Community Shield, Ajang Pro Lawan Amatir

Kembalinya Non Flying Dutchman ke Arsenal

Mikel Arteta Sebut Liverpool Bangkitkan Arsenal

Dalam sejarah Community Shield keduanya sudah bertemu tiga kali sebelumnya. Arsenal dan Liverpool sama-sama sudah memenanginya 15 kali - hanya Manchester United yang punya rekor terbanyak menjuarai Community Shield dengan catatan 21 trofi.

Dari tiga pertemuan terakhir itu Liverpool menang dua kali dan Arsenal menang sekali. Pemenang laga nanti akan melalui total trofi Community Shield sang rival. Berikut BolaSkor.com menjabarkan tiga pertemuan terakhir Liverpool dan Arsenal di Community Shield:

1. Liverpool 3-1 Arsenal (1979)

Bob Paisley

Situasinya sama seperti saat ini: Liverpool juara liga dan Arsenal juara Piala FA. Pada 1979 Liverpool arahan Bob Paisley melanjutkan momentum dari musim sebelumnya dengan kemenangan 3-1 melawan Arsenal besutan Terry Neill.

The Reds menang 3-1 melalui dua gol Terry McDermott dan satu gol dari Kenny Dalglish. Phil Thompson dkk benar-benar mendominasi pertandingan melawan Arsenal yang berisikan Pat Rice, David O'Leary, Liam Brady, dan Frank Stapleton, dan hanya bisa mencetak gol hiburan dari gol Alan Sunderland.

2. Liverpool 1-0 Arsenal (1989)

Liverpool dengan titel Community Shield

10 tahun kemudian kedua tim kembali bentrok di ajang yang bernama Charity Shield. Namun posisinya kini tak sama: Arsenal juara liga dan Liverpool juara Piala FA usai mengalahkan Everton di final (1-0). Kendati demikian hasilnya tetap sama seperti 1979.

Liverpool mendominasi permainan di segala aspek melawan juara liga dan menang 1-0 dari gol tunggal Peter Beardsley di menit 32. Liverpool kala itu dibesut oleh sang legenda, Kenny Dalglish, sedangkan Arsenal dilatih George Graham.

Graham dan Dalglish sama-sama berasal dari Skotlandia. Dalam skuat Arsenal ada nama-nama top seperti Lee Dixon, Nigel Winterburn, David O'Leary, Tony Adam. Lalu di Liverpool ada Steve Nicol, Alan Hansen, John Barnes, dan Ian Rush.

3. Liverpool 0-1 Arsenal (2002)

Selebrasi gol Gilberto Silva

Arsenal kali ini datang sebagai juara Piala FA dan Premier League. Liverpool berpatisipasi di Community Shield setelah menempati posisi runner-up Premier League. Kala itu Arsenal besutan Arsene Wenger tengah mendominasi sepak bola Inggris.

Arsenal punya Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Ashley Cole, Sol Campbell, David Seaman, Edu, Patrick Vieira. Skuad mereka masih mengerikan meski Giovani van Bronckhorst, Robert Pires, dan Freddie Ljungberg absen.

Arsenal tampil dominan dan kali ini jadi pemenang melalui gol tunggal gelandang bertahan, Gilberto Silva yang baru masuk di babak kedua. Liverpool arahan Gerard Houllier tak bisa membalas gol tersebut.

Kala itu Liverpool memiliki Jamie Carragher, Vladimir Smicer, Milan Baros, Dietmar Hamann, Sami Hyypia, Steven Gerrard, Michael Owen, dan Emile Heskey di dalam skuad.

Breaking News Trivia Sepak Bola Liverpool Arsenal Community Shield
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan