BolaSkor.com - Titel Premier League 2019-20 telah diamankan Liverpool setelah menanti 30 tahun lamanya. Namun itu bukan berarti Premier League tak lagi seru, sebab pertarungan merebutkan zona Liga Champions masih berjalan sengit hingga laga pamungkas.

Bagaimana tidak dua tiket tersisa yang dapat direbutkan di peringkat tiga dan empat klasemen Premier League masih dapat diraih oleh Manchester United, Chelsea, dan Leicester City yang bersaing dengan poin ketat.

Dua tim teratas sudah pasti ditempati Liverpool dan Manchester City. Klub yang disebut terakhir sudah dipastikan bermain di kompetisi Eropa setelah banding mereka kepada CAS dimenangi atas gugatan terkait sanksi UEFA.

Posisi hingga pekan 37 Premier League saat ini dari peringkat tiga kelima adalah Manchester United (63 poin), Chelsea (63 poin), dan Leicester City (62 poin). Wolverhampton Wanderers dicoret karena meraih 59 poin dan bersaing merebutkan zona Liga Europa melawan Tottenham Hotspur.

Baca Juga:

Menilik Skenario Ketatnya Empat Besar Premier League

Penantian 36 Pekan Manchester United untuk Kembali ke Tiga Besar

5 Tim Kejutan yang Pernah Bersaing di Empat Besar Premier League

Bak takdir Man United akan memainkan laga pamungkas Premier League melawan Leicester City di King Power Stadium, Minggu (26/07) pukul 22.00 malam WIB. Itu akan jadi laga kunci untuk keduanya.

Lantas bagaimana kans ketiga tim untuk meraih dua tiket tersisa Liga Champions musim ini? Berikut BolaSkor.com menganalisis persaingan di laga pamungkas:

1. Manchester United

Manchester United

Hasil imbang melawan Leicester sudah cukup bagi mereka untuk mengamankan tiket Liga Champions musim depan. Namun jika United kalah maka mereka baru bisa lolos jika Chelsea kalah juga di laga terakhir melawan Wolves.

"Kami telah memberikan diri kami kans bagus. Kami ingin memberikan kans kepada kami untuk ada di sana dan bermain di Liga Champions dengan mengalahkan mereka (Leicester). Sekarang kami baik-baik saja dengan hasil imbang, tapi kami ke sana untuk menang. Anda selalu bersiap untuk menang," tegas Ole Gunnar Solskjaer.

Momentum juga dimiliki United meski baru ini mereka kalah 1-3 dari Chelsea di semifinal Piala FA. Tapi di Premier League mereka tak pernah kalah sejak Januari 2020 dengan catatan: enam kemenangan dan dua hasil imbang.

Pertahanan mereka juga membaik dengan hanya kebobolan tujuh gol dari 13 laga sejak Januari. Gelandang asal Portugal, Bruno Fernandes yang datang Januari lalu berkontribusi besar atas catatan unbeaten United di Premier League.

2. Chelsea

Chelsea

Hasil imbang kontra Wolves juga sudah cukup bagi Chelsea mengamankan tiket Liga Champions, sebab United dan Leicester akan saling bentrok satu sama lain. Kalah pun mereka bisa tetap lolos asal Leicester juga kalah dari United.

Chelsea sejauh ini konsisten di empat besar Premier League. Akan tapi rapuhnya pertahanan mereka yang sudah kebobolan 54 gol - terparah di antara 10 tim teratas Premier League - serta inkonsistensi tim menyebabkan posisi rawan mereka saat ini.

Melawan Wolves di Molineux Stadium Chelsea tak bisa lagi memiliki pertahanan yang terbuka seperti saat kalah 3-5 dari Liverpool di Anfield. Untungnya dari lini serang Chelsea punya Christian Pulisic yang sedang dalam kondisi bagus.

Sejak liga dimulai kembali tengah Juni lalu pasca jeda virus corona, Pulisic telah mencetak empat gol dan memberi empat assists di delapan laga. Pulisic diharapkan bisa memberikan kemenangan untuk tim di laga pamungkas.

"Jika kami ingin berada di tempat yang diinginkan, maka momen-momen dan tekanan saat inilah yang dibutuhkan. Ini tentang zona bermain di klub top. Jika kami ditawarkan ini pada awal musim, tidak banyak yang berharap kami bersaing di empat besar dan sekarang semua bergantung kami," tutur sang manajer, Frank Lampard.

3. Leicester City

Leicester City

Dari runner-up, turun ke empat besar, dan kini Leicester ada di peringkat lima klasemen. Performa The Foxes arahan Brendan Rodgers menurun drastis sejak liga bergulir kembali.

Leicester City butuh kemenangan kontra Man United jika ingin mengamankan satu tiket Liga Champions. Imbang pun mereka bisa lolos jika Chelsea kalah dari Wolves karena punya perbedaan selisih gol besar.

Dalam beberapa pekan terakhir Leicester kesulitan karena dua pemain andalan, James Maddison dan Ben Chilwell cedera. Kendati demikian top skor tim Jamie Vardy tetap tajam mencetak gol dan ia mencetak empat gol di lima laga terakhir.

Ketajamannya akan diharapkan oleh fans dapat membantu Leicester mengalahkan United demi tiket Liga Champions musim depan.

"Saya tak ingin terlalu negatif (soal performa tim belakangan ini). Kami akan memainkan laga (kontra United) dengan kans besar untuk bermain di Liga Champions. Itu sepenuhnya akan sempurna. Para pemain sejauh ini fantastis dan kami punya satu kesempatan terakhir," tutur Brendan Rodgers.