BolaSkor.com - Bomber Timnas Indonesia kerap menghiasi daftar top skorer Piala AFF. Mulai dari Gendut Doni Christiawan hingga Budi Sudarsono.

Tercatat, empat kali Timnas Indonesia mewakili pemainnya dalam tabel pencetak gol terbanyak. Gendut Doni memulainya pada Piala AFF edisi ketiga atau 2000 silam.

Lalu, ada Bambang Pamungkas dengan sepuluh gol di Piala AFF 2002 dan Ilham Jaya Kesuma lewat tujuh gol pada edisi berikutnya.

Baca Juga:

3 Alumni Piala Dunia yang Beradu Taktik di Piala AFF 2020

Bantai Antalyaspor, Timnas Indonesia Jaga Semangat Jelang Piala AFF 2020

Budi Sudarsono menjadi pemain Timnas Indonesia terakhir yang menjadi top skorer Piala AFF. Pada edisi 2008 lalu, sosok dengan julukan Si Piton itu mengemas empat gol.

Meski begitu, empat nama di atas bukan tercatat sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah Timnas Indonesia di Piala AFF. Lalu, siapakah? Berikut BolaSkor.com rangkum.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto
Kurniawan Dwi Yulianto. (BolaSkor.com/Prima Pribadi)

Terdapat suatu fakta yang membuat kagum tatkala Kurniawan Dwi Yulianto tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF. Padahal, sosoknya tidak pernah tersemat sebagai top skorer turnamen dwi tahunan itu.

Kurus, panggilan akrabnya, konsisten mencetak gol dalam empat edisi Piala AFF yang diikutinya. Pada 1996, pemain berkepala plontos ini berhasil mengukir empat gol.

Dua tahun berselang, Kurus hanya mampu menyarangkan sebiji gol. Tiga gol kurus kemudian lahir pada Piala Tiger 2000.

Lima gol Kurus di Piala Tiger 2004 menghasilkan torehannya menjadi 13 gol untuk Timnas Indonesia di turnamen sepak bola paling akbar di Asia Tenggara ini.

2. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas
Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, saat launching tim diLiga 1 2020 (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Bambang Pamungkas menguntit di belakang Kurniawan. Tercatat, bomber Persija Jakarta ini mencetak 12 gol dalam enam edisi.

Delapan gol berhasil dilesakkan Bambang pada Piala Tiger 2002 silam. Statistik ini sekaligus membuatnya keluar sebagai top skorer turnamen.

Bambang lantas absen mengukir gol di Piala AFF 2007. Di edisi 2008, striker dengan ciri khas kumisnya itu membukukan dua gol.

Dua gol lainnya tercipta di Piala AFF 2010. Pada turnamen terakhirnya, dua tahun kemudian, Bambang gagal mencetak gol.

3. Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma
Ilham Jaya Kesuma. (Instagram)

Ilham Jaya Kesuma ada di bawah Kurniawan dan Bambang. Mantan bomber Persita Tangeran ini mengoleksi delapan gol sepanjang Piala AFF.

Ilham mencatatkan delapan gol pada dua edisi, yaitu 2004 dengan tujuh gol. Lainnya di Piala AFF 2007.

Ilham begitu tajam pada Piala Tiger 2004. Sentuhannya di depan gawang lawan mengantarkannya sebagai top skorer turnamen tersebut.