BolaSkor.com - Kompetisi profesional Jepang, J League (J1 League dan J2 League) tak akan ada habisnya jika dibahas. Baik itu dari sisi dalam maupun luar lapangan hijau.

Salah satunya pembahasan mengenai pemain veteran di J1 League. Para pemain veteran menjadi daya tarik di J1 League. Selain memberikan pengalaman ke pemain muda, para veteran juga mampu tampil memukau di usai senjanya sebagai pesepak bola profesional.

Siapa saja mereka? Simak selengkapnya berikut ini:

Baca Juga:

Tak Kalah dengan Bintang Eropa, Ini 5 'One Man One Club' di J League

Begini Cara J League Gelar Kompetisi saat Pandemi, PSSI dan PT LIB Wajib Contoh

1. Kazuyoshi Miura

Kazuyoshi Miura
Kazuyoshi Miura. (J League)

Kazuyoshi Miura adalah pemilik rekor sebagai pemain profesional tertua di dunia.

Saat ini ia masih tercatat sebagai pemain Yokohama FC. Lahir 26 Februari 1967, usianya kini sudah mencapai 54 tahun.

Ia memulai karier profesionalnya di klub Liga Brasil, Santos, pada 1986. Miura memang berangkat ke Brasil dari Jepang saat berusia 15 tahun demi jadi pemain profesional.

Setelah itu, ia memperkuat banyak klub Brasil, sebelum kemudian bermain di Eropa bersama Genoa dan Dinamo Zagreb, serta memperkuat banyak klub Liga Jepang.
Pemain yang biasa dipanggil King Kazu ini juga 89 kali membela timnas Jepang, dengan catatan 55 gol.

Ia sudah membela Yokohama FC sejak tahun 2005 alias 16 tahun lalu, berhasil membawa tim ini promosi kembali ke kasta teratas pada 2020.
Musim ini ia bermain empat kali, satu kali di J1 League dan tiga kali di J League Cup, dengan total bermain 43 menit.

Baca Juga:

6 Pemegang Rekor Terbaik Sepanjang Sejarah J1 League

Begini Cara J League Gelar Kompetisi saat Pandemi, PSSI dan PT LIB Wajib Contoh

2. Shinji Ono

Shinji Ono
Shinji Ono. (J League)

Shinji Ono adalah bintang timnas Jepang di tiga Piala Dunia: 1998, 2002, dan 2006, serta membawa Samurai Biru juara Piala Asia 2000.

Total, pria berkepala plontos ini bermain 56 kali untuk timnas Jepang dengan catatan enam gol pada 1998 sampai tahun 2008.

Meski kini sudah berusia 41 tahun, Ono masih aktif sebagai pemain, bergabung bersama Hokkaido Consadole Sapporo di J1 League.

Pria yang lahir 27 September 1979 ini memulai kariernya bersama Urawa Red Diamonds pada 1998 dan sempat membela Feyenoord, VfL Bochum, Western Syndey Wanderers, hingga Shimizu S-Pulse.

Awal musim ini, ia kembali ke klub yang pernah ia bela pada 2014 sampai 2019, Hokkaido Consadole Sapporo.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini bermain 10 kali di semua ajang, lima kali di J League Cup, tiga di J1 League, dan dua di Piala Kaisar dengan mencetak satu gol di kompetisi tersebut.

Dari 10 laga tersebut, ia empat kali jadi starter, dengan seluruh penampilan di Meiji Yasuda J1 League ia hadir sebagai pemain pengganti.

Baca Juga:

Begini Cara J League Gelar Kompetisi saat Pandemi, PSSI dan PT LIB Wajib Contoh

Melihat Derbi di J1 League Musim Ini: Pertarungan Panas Kasta Tertinggi

3. Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura
Shunsuke Nakamura. (J League)

Shunsuke Nakamura adalah wajah utama sepak bola dan timnas Jepang dalam satu dekade dari tahun 2000 sampai 2010.

Mengenakan nomor punggung 10 dan jadi pusat permainan, ia tampil 98 kali di Samurai Biru, mencetak 24 gol, dan dua kali juara Piala Asia pada 2000 dan 2004.
Pria kelahiran 24 Juni 1978 berusia 43 tahun ini belum pensiun dan masih bermain bersama Yokohama FC di J1 League.

Nakamura memulai kariernya bersama Yokohama F. Marinos pada 1997, sebelum kemudian membela klub-klub Eropa seperti Reggina, Celtic FC, Espanyol, sebelum kemudian kembali ke Liga Jepang.

Ia bergabung bersama Yokohama FC pada tahun 2019 setelah tiga musim membela Jubilo Iwata, membawa klubnya promosi ke kasta teratas pada 2020.

Musim ini, pria yang dikenal dengan tendangan bebas kaki kirinya itu bermain sembilan kali, dengan tujuh kali di J1 League, sekali di Piala Kaisar, dan sekali di J League Cup.

Total ia bermain 300 menit, dengan empat kali jadi starter, dan seperti belum tampak akan siap untuk pensiun dalam waktu dekat.