BolaSkor.com - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyediakan 300 bus yang dipakai atlet serta ofisial Asian Games 2018. Armada tersebut akan dikerahkan ke Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat.

Sebanyak 100 bus bakal beroperasi di Palembang. Sementara 200 lainnya akan digunakan di Jakarta dan Jawa Barat.

Kemenhub menjamin bus yang dipakai pada Asian Games 2018 merupakan yang terbaik. Semua armada telah lolos uji emisi seperti yang disyaratkan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Ajang ini akan menjadi suatu momen perubahan bagaimana kita bisa disiplin dan melayani masyarakat untuk sesuatu yang baik. Saat ini yang kami lakukan adalah bagian dari itu," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dikutip dari situs resmi Asian Games 2018.

"Bus ini sudah melewati ramp check, uji KIR dan kelayakan," sebelumnya.

Selain bus untuk atlet dan ofisial Asian Games 2018, panitia pelaksana juga menyediakan moda transportasi umum bagi para penonton. Seluruh penonton tak bisa membawa kendaraan pribadi ke kawasan Gelora Bung Karno saat ajang empat tahunan tersebut berlangsung.

Beberapa kantong parkir telah disiapkan yakni satu di antaranya di daerah SCBD. Dari sana penonton Asian Games 2018 bakal menaiki shuttle bus hingga ke gerbang dan kemudian harus berjalan kaki menuju ke venue.