Januzaj Bakal Bela Timnas Kosovo

BolaSkorBolaSkor - Minggu, 16 Februari 2014
Januzaj Bakal Bela Timnas Kosovo
Januzaj Bakal Bela Timnas Kosovo
Pristina - Football Federation of Kosovo (FFK) tengah membujuk bintang muda Manchester United untuk membela Kosovo dalam laga perdana Tim Nasional Kosovo kontra Tim Nasional Haiti, (5/3) mendatang. Meski sudah berusia 71 tahun, Federasi Sepak Bola Kosovo belum terdaftar di FIFA ataupun UEFA. Negara yang baru mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008 dari Serbia tersebut terhitung sebagai negara baru di dunia sepak bola. Januzaj yang lahir di Belgia merupakan keturunan Kosovo, di sanalah banyak keluarganya berasal. Pemain berusia 19 tahun tersebut memang tengah jadi sengketa beberapa negara seperti Belgia, Inggris, Albania, dan Kosovo sendiri. Januzaj memang belum pernah membela Tim Nasional senior manapun. Penampilan impresif bersama Manchester United musim ini membuat nama Januzaj mendadak santer terdengar. Hal ini yang menjadi rebutan beberapa negara tersebut untuk memasukan namanya sebagai punggawa negaranya. Namun, hingga saat ini Januzaj belum memutuskan negara mana yang akan ia bela. Kesempatan tersebut yang sedang diusahakan oleh Kosovo. Erol Salihu, Sekretaris Federasi Sepak Bola Kosovo mengkonfirmasi bahwa sedang mendiskusikan hal tersebut bersama keluarga Januzaj. Jika Januzaj memutuskan membela Kosovo di laga persahabatan kontra Haiti, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kesempatannya untuk membela negara lain. Sebab Kosovo belum diakui oleh PBB, UEFA, serta FIFA. “Kami sedang berdiskusi dengan keluarga Adnan. Memiliki pemain yang bertalenta besar seperti dirinya dalam pertandingan pertama kami akan menjadi simbolik. Kami merasa ia berhutang kepada orang dimana keluarganya berasal untuk ambil bagian dalam pertandingan nanti, meskipun hanya 15 menit. Saya tegaskan ini hanya sebagai tindakan simbolik. Dengan bermain di pertandingan ini, kami tidak berpikir ia akan terus berkomitmen kepada kami. Salihu lantas menambahkan, “Ini hanyalah sebuah pertandingan persahabatan dan tidak akan memiliki efek dalam kesempatannya untuk membela negara lain di masa mendatang. Bukan tujuan kami melakukan hal tersebut, tetapi kami berharap ia dapat berada bersama kami di kesempatan yang sangat spesial yang akan menjadi kenangan ini.

Selain Januzaj, FFK juga sedang mendiskusikan hal serupa dengan beberapa pemain seperti, Xherdan Shaqiri dari Bayern Muenchen, Granit Xhaka dari Borussia Moenchengladbach, dan Valon Behrami dari Napoli. Meskipun FIFA telah mengizinkan diadakannya pertandingan di negara mereka, menyanyikan lagu nasional dan penggunaan emblem Kosovo masih belum diizinkan.

Albania Bayern Muenchen Borussia moenchengladbach Granit Xhaka Xherda Valon behrami Football Federation of Kosovo Napoli FFK Belgia Adnan Januzaj Inggris Federasi Sepak Bola Kosovo Manchester United Laga Persahabatan Kosovo Tim Nasional Kosovo Sekretaris Federasi Sepak Bola Kosovo Tim Nasional Haiti
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan