4 Alasan Barcelona Memilih Quique Setien Gantikan Ernesto Valverde

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 14 Januari 2020
4 Alasan Barcelona Memilih Quique Setien Gantikan Ernesto Valverde
Quique Setien dan Ernesto Valverde (zimbio)

BolaSkor.com - Barcelona telah menetapkan siapa yang akan menjadi pelatih baru. Barcelona telah mengumumkan secara resmi pada Selasa (14/1) bahwa Quique Setien akan melatih tim dengan julukan Blaugrana, menggantikan Ernesto Valverde.

Setien bisa dikatakan tidak memiliki catatan baik dalam karier kepelatihannya. Ia belum pernah memenangkan trofi bergengsi apapun. Meskipun begitu Barcelona tetap yakin Quique Setien mampu menggantikan posisi Ernesto Valverde.

El Barca memiliki alasan tersendiri mengapa Setien dinilai mampu meningkatkan performa tim yang akan diasuhnya hingga 20 Juni 2022. Berikut alasan mengapa Barcelona memilih Quique Setien:

Baca juga:

Pecat Ernesto Valverde, Barcelona Tunjuk Eks Pelatih Real Betis

Quique Setien Sudah Lama Kagumi Lionel Messi

1. Quique Setien Aktif di LaLiga sejak 1977

Meskipun masih terdengar asing, namun faktanya Setien dinilai telah memiliki jam terbang tinggi di LaLiga, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Setien mengawali karier sebagai pemain di beberapa klub Spanyol pada periode 1977-1985. Setelah pensiun sebagai pemain, ia memilih untuk tetap berada di dunia sepak bola Spanyol sebagai pelatih.

Karier melatihnya dimulai sejak 2001, beberapa tim spanyol telah dilatihnya termasuk Real Betis. Pengalaman yang kaya membuat Setien diharapkan mengerti segala tipe permainan tim-tim yang akan menjadi lawannya nanti.

2. Pola Permainan Sama dengan Barcelona

Permainan sepak bola indah dengan mengandalkan penguasaan bola menjadi hal yang diutamakan oleh Setien. Dia mengaku sebagai pengagum filosofi Johan Cruyff.

Pola permainan tersebut dinilai sangat cocok dengan permainan Barcelona yang terkenal dengan tiki takanya. Ia lebih memfokuskan pada pola tersebut, setelah itu baru soal kemenangan.

3. Penyegaran Wajah Baru

Barcelona sedang berada dalam masalah yang cukup besar dalam enam bulan terakhir. Masalah utama pada musim 2019-2020 adalah regenerasi pemain.

Beberapa pemain baru yang didapatkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2019 seperti Neto, Junior Firpo, Frenkie de Jong, dan Antoine Griezmann dinilai kesulitan untuk beradaptasi di era Valverde.

Kehadiran Setien diharapkan dapat merangkul pemain tersebut, serta meningkatkan performa Ousmane Dembele yang sedang menurun setelah mengalami cedera.


4. Dinilai Dapat Maksimalkan La Masia

La Masia saat ini dinilai kurang efektif sebagai penyumbang bakat sepak bola ke tim utama Barcelona.

Tidak banyak pemain baru Barcelona yang berasal dari La Masia. Pada era Pep Guardiola La Masia dinilai sukses karena berhasil menyumbangkan banyak pemain ke Barcelona. Saat ini hanya ada dua pemain jebolan akademi tersebut yaitu Carles Perez dan Ansu Fati.

Kehadiran Setien diharapkan dapat meningkatkan fungsi akademi La Masia dan mengasah bakat-bakat muda hingga bisa diandalkan oleh tim utama. (Deva Asmarakusuma)

Barcelona LaLiga
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan