4 Alasan Real Sociedad Bisa buat Barcelona Kian Merana

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 16 Desember 2020
4 Alasan Real Sociedad Bisa buat Barcelona Kian Merana
Real Sociedad (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona akan melakoni duel sengit saat menjamu Real Sociedad dalam lanjutan LaLiga 2020-2021 di Camp Nou, Kamis (17/12) pukul 03.00 WIB. Sang calon lawan bisa menambah mimpi buruk Blaugrana.

Sociedad memang punya rekor yang kurang baik saat bersua Barcelona. Dari 163 pertemuan, La real hanya mampu meraih kemenangan dan menelan 95 kekalahan serta 35 sisanya berakhir imbang.

Catatan tersebut sudah jelas menggambarkan superioritas Barcelona atas Sociedad. Tim tamu juga sudah tak lagi mampu mengalahkan El Barca selama empat tahun terakhir.

Baca Juga:

Prediksi Barcelona Vs Real Sociedad: Ujian Kelayakan Status Kandidat Juara

Tak Hanya Manchester United, Real Sociedad Juga Hadapi Lawan Berat

Gagal Menang, Real Sociedad Kembali ke Puncak LaLiga

Namun semua catatan minor tersebut seperti tak berlaku sekarang. Musim ini, Sociedad menunjukkan wajah yang sangat berbeda.

Tim asuhan Imanol Alguacil menjelma menjadi salah satu kandidat juara. Sociedad bahkan kini berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara.

Situasi yang bertolak belakang justru dialami Barcelona. Tim asuhan Ronald Koeman itu masih terseok-seok di peringkat ke delapan.

Ironisnya, Barcelona sudah menelan empat kekalahan hanya dari sebelas laga yang telah dimainkan. Hal itu membuat Lionel Messi dan kawan-kawan mencatatkan start terburuk sepanjang sejarah klub.

Sociedad punya sejumlah alasan untuk menambah derita Barcelona. Berikut empat di antaranya:

1. Punya lini serang tertajam di LaLiga

Sociedad kini menjadi tim dengan produktivitas terbaik di LaLiga. Dari 13 laga, mereka sudah mencetak 23 gol.

Menariknya, 18 gol di antaranya dicetak oleh barisan lini depan. Setidaknya ada enam pemain berkarakter menyerang yang sudah mencatatkan namanya di papan skor.

Hal ini tentu bukan kabar baik bagi Barcelona yang akan tampil tanpa Gerard Pique. Mereka akan kesulitan mengawal pemain depan Sociedad yang mengandalkan kolektivitas permainan.


2. Punya pertahanan terbaik kedua di LaLiga

Selain memiliki lini depan yang tajam, Sociedad juga sangat kokoh di belakang. Mereka baru kebobolan enam gol sejauh ini dan hanya kalah dari Atletico Madrid.

Fakta tersebut bisa membuat Barcelona kesulitan mencetak gol. Meskipun mereka memiliki pemain sekaliber Lionel Messi di lini depan.


3. Memiliki skema permainan yang identik dengan Barcelona

Pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil

Sociedad asuhan Alguacil memainkan pola permainan yang mirip dengan Barcelona-nya Koeman. Mereka menerapkan formasi 4-2-3-1 untuk memaksimalkan penguasaan bola dengan operan-operan pendek.

Hal ini akan membuat duel di setiap lini akan berlangsung sengit. Menarik siapa yang mampu lebih dominan dalam menjalankan skema ini.

Sayang kedua tim tidak bisa memainkan para pemain terbaiknya di laga ini. Sociedad bahkan dipastikan tampil tanpa David Silva karena cedera.


4. Mikel Oyarzabal

Mikel Oyarzabal

Nama Mikel Oyarzabal memang kalah tenar dengan deretan bomber Spanyol lain. Namun lini pertahanan Barcelona wajib memberikan pengawalan khusus kepada pemain berusia 23 tahun tersebut.

Oyarzabal kini memimpin daftar top skorer sementara LaLiga. Ia mampu mencetak tujuh gol dari sebelas laga.

Oyarzabal juga sudah dua kali menjebol gawang Barcelona dari sepuluh pertemuan. Bukan tidak mungkin ia akan menambah perolehan golnya dalam pertandingan nanti.

Trivia Sepak Bola Real Sociedad Barcelona Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan