4 Blunder Fatal David De Gea Sepanjang Premier League 2019-2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 20 Juni 2020
4 Blunder Fatal David De Gea Sepanjang Premier League 2019-2020
David De Gea (Twitter)

BolaSkor.com - David De Gea harus diakui sebagai salah satu kiper terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Namun pemain berkebangsaan Spanyol itu juga tak luput dari blunder.

De Gea didatangkan Manchester United dari Atletico Madrid pada musim panas 2011 ketika usianya baru 21 tahun. Ia diberi tanggung jawab menggantikan peran Edwin Van Der Sar yang pensiun.

Awal karir De Gea bersama Manchester United tidak berjalan mulus. Ia kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris yang mengandalkan kekuatan fisik.

Sempat tersisih ke bangku cadangan, De Gea secara perlahan menunjukkan kualitas sebenarnya. Ia menjadi salah satu aktor kunci keberhasilan Manchester United meraih gelar Premier League semusim berselang.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan Liga-liga Eropa: Barcelona Tertahan, Manchester United Curi Satu Poin

Respons Ole Gunnar Solskjaer Lihat Paul Pogba dan Bruno Fernandes Berduet

Manchester United Paling Sering Dapat Hadiah Tendangan Penalti

Sejak saat itu kemampuan De Gea kian berkembang. Ia dikenal sebagai kiper yang kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan ajaib.

Meski prestasi Manchester United menurun sepeninggal Sir Alex Ferguson, sinar De Gea tetaplah terang. Ia pernah empat musim dinobatkan sebagai pemain terbaik Manchester United dan lima kali terpilih ke dalam team of the year Premier League.

Tak heran jika klub sebesar Real Madrid sempat berusaha untuk mendapatkannya. Meskipun hal itu tak pernah terwujud hingga saat ini.

Namun penampilan De Gea mulai menurun sejak dua musim terakhir. Ia mulai sering melakukan blunder yang membuat timnya gagal meraih kemenangan.

Masalahnya, blunder-blunder yang dilakukan De Gea merupakan kesalahan elementer seorang kiper. Ia kerap salah mengantisipasi bola tendangan lawab yang berujung menjadi gol.

Hal itu sangat terlihat pada ajang Premier League 2019-2020. Ia sudah melakukan empat blunder fatal yang secara tak langsung merusak reputasinya sebagai kiper kelas dunia.

BolaSkor.com telah merangkum empat blunder fatal De Gea hingga Premier League 2019-2020 memasuki pekan ke-30 seperti di bawah ini:


1. Manchester United vs Crystal Palace (24 Agustus 2019)

Manchester United menelan kekalahan dengan skro 1-2 saat menjamu Crystal Palace di Old Trafford pada pekan ketiga Premier League 2019-2020. De Gea menjadi penyebab utama hasil buruk ini.

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir. Gol Jordan Ayew mampu dibalas Daniel James.

Namun De Gea melakukan kesalahan fatal pada masa injury time. Ia gagal mengantisipasi dengan sempurna tendangan Patrick van Aanholt yang mengarah ke tiang dekat.

Hasil tersebut membuat Manchester United tertahan di papan tengah. Posisi sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer juga sempat digoyang akibat kekalahan ini.

2. Watford vs Manchester United (22 Desember 2019)

De Gea kembali melakukan kesalahan fatal yang identik saat Manchester United bertandang ke markas Watford, Desember tahun lalu. Hal itu berperan besar membuat Setan Merah takluk dengan skor 0-2.

De Gea melakukan blunder yang berujung gol pertama Watford pada menit ke-50. Ia gagal menangkap dengan sempurna tendangan Ismaila Sarr yang tidak terlalu keras meski memantul ke tanah.

Kebobolan dengan cara tersebut tentu meruntuhkan mental pemain Manchester United lainnya. Terbukti, mereka kembali kebobolan empat menit berselang lewat penalti Troy Deeney.


3. Everton vs Manchester United (1 Maret 2020)

De Gea melakukan blunder konyol saat Manchester United bertandang ke markas Everton, awal Maret lalu. Laga ini berakhir imbang 1-1.

Berbeda dengan dua kesalahan sebelumnya, kali ini blunder De Gea tidak terkait dengan tekniknya dalam mengantisipasi tendangan lawan. Ia hanya ceroboh dalam membaca pergerakan lawan ketika melakukan sapuan ke arah depan.

Bola tendangannya membentur kaki penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin dan berbalik arah hingga masuk ke gawang sendiri. Gol tersebut sempat membuat Manchester United tertinggal sebelum akhirnya dibalas oleh Bruno Fernandes.

4. Tottanham Hotspur vs Manchester United (20 Juni 2020)

Blunder terbaru De Gea terjadi saat Manchester United bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Sabtu (20/6) dini hari wib. Pertandingan ini berakhir imbang 1-1.

De Gea kembali melakukan kesalahan dalam mengantisipasi tendangan lawan. Kali ini ia gagal menghentikan sepakan Steven Bergwijn pada menit ke-27.

Meski tendangannya keras, tapi bola melaju ke arah De Gea berdiri. Harusnya hal itu memudahkannya untuk mengamankan gawangnya.

Namun De Gea melakukan tepisan nyang kurang sempurna. Bola tetap bergulir ke gawang hingga berujung menjadi gol.

Breaking News Trivia Sepak Bola David De Gea Premier League Manchester United
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan