4 Calon Pemain untuk Isi Slot Tersisa Timnas di Piala AFF 2020

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 29 November 2021
4 Calon Pemain untuk Isi Slot Tersisa Timnas di Piala AFF 2020
Ilija Spasojevic saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta pada awal Mei 2021. (BolaSkor.com)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan berkekuatan 30 pemain saat mengarungi Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Namun, PSSI belum merilis secara resmi ke-30 nama pemain tersebut.

Dari 30 nama tersebut, 25 di antaranya hampir dipastikan merupakan pemain-pemain yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan atau TC di Turki. Sementara satu nama lagi adalah Syahrian Abimanyu.

Abi, sapaan karib Syahrian Abimanyu, sebetulnya masuk daftar pemain yang mengikuti TC ke Turki. Namun, pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) tersebut urung bergabung karena mengalami cedera.

BolaSkor.com lantas menghubungi asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, untuk mengonfirmasi apakah Abi akan tetap dibawa ke Singapura atau tidak. Dari jawabannya, Nova mengatakan mantan pemain Sriwijaya FC dan Madura United tersebut tetap didaftarkan.

"Iya. Abi (Syahrian Abimanyu) masuk (skuat)," kata Nova Arianto.

Baca Juga:

Mau Nonton Piala AFF di Singapura? Ini Syarat dan Harga Tiketnya

Dua Pemain Lagi Dipanggil ke Timnas Indonesia, Pelatih Persebaya Beri Respons

Dengan demikian, tinggal empat pemain lagi yang masih menjadi misteri. Sebelumnya, empat slot kosong tersebut diperkirakan bakal diberikan kepada pemain-pemain yang akan dinaturalisasi, seperti Sandy Walsh, Kevin Diks, Mees Hilgers, dan Jordi Amat.

Tetapi dengan mepetnya pendaftaran pemain ke Piala AFF 2020 maka hampir mustahil keempat pemain di atas untuk bergabung. Dengan demikian, jatah empat pemain tersebut besar kemungkinan diberikan kepada pemain-pemain dari klub Liga 1.

Indikasi ini terlihat dari keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang meliburkan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu mulai 15 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022. Artinya, Shin Tae-yong bebas memperkuat skuatnya sesuai kebutuhan, setelah sebelumnya hanya dibatasi dua pemain per klub.

BolaSkor.com mencoba memprediksi siapa saja pemain dari Liga 1 2021/2022 yang akan melengkapi Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Nama-nama seperti Nadeo Argawinata hingga Ilija Spasojevic masuk dalam daftar ini.

Berikut perkiraan dan analisa singkatnya:

1. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata

Argawinata. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Kiper Bali United, Nadeo Argawinata, menjadi salah satu pemain yang diprediksi masuk dalam daftar empat penggawa tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF. Sebab, di Skuat Timnas Indonesia saat ini baru ada dua kiper, yaitu M Riyandi dan Syahrul Trisna Fadillah.

Meski tidak selalu jadi pilihan utama Stefano Cugurra Teco di bawah mistar gawang Bali United, namun penampilan pemain asal Kediri ini jika diturunkan tidak pernah mengecewakan, termasuk saat menggagalkan tendangan penalti Marko Simic dari Persija Jakarta.

Hingga pekan ke-13 Liga 1 2021/2022, Nadeo sudah tampil dalam enam pertandingan. Dari enam penampilannya itu, Nadeo mencatatkan empat kali clean sheet.

Selain itu, Nadeo juga sempat masuk Skuat Timnas Indonesia di pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan.

2. Johan Ahmat Farizi

Johan Al Farizi
Johan Al Farizi. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

Nama berikutnya yang diprediksi masuk daftar pemain tambahan Timnas Indonesia adalah Johan Ahmat Farizi. Penampilannya bersama Arema FC sampai pekan ke-13 Liga 1 2021/2022 jadi alasannya.

Meski sudah berusia 31 tahun, Johan Ahmat Farizi mampu tampil konsisten dan membantu Arema FC bersaing dalam perburuan gelar juara. Bahkan musim ini pemain yang pernah dipinjamkan ke Persija Jakarta tersebut berhasil membukukan dua gol.

Dengan kemampuan dan jam terbangnya, Johan Ahmat Farizi bisa jadi opsi bagi Shin Tae-yong untuk posisi bek sayap. Di posisi tersebut, Shin saat ini sudah mempunyai Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, dan Edo Febriansyah.

3. Rizky Ridho

Rizky Ridho

Rizky Ridho. (Media Persebaya)

Bek Persebaya Surabaya, Rizky Ridho, jadi kandidat selanjutnya. Kehadiran Rizky Ridho bisa memperkuat barisan bek tengah Timnas Indonesia yang sudah diperkuat Victor Igbonefo, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, dan Ryuji Utomo.

Fakta bahwa gawang Timnas Indonesia kebobolan dua gol dalam laga uji coba kontra Afghanistan dan Myanmar adalah alasan Rizky Ridho mungkin jadi opsi yang cukup positif bagi Skuat Garuda. Sama seperti Nadeo, Rizky Ridho juga masuk dalam Skuat Indonesia di laga kontra Taiwan.

4. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic
Ilija Spasojevic. (Media Bali United)

Nama terakhir yang kami prediksi masuk dalam daftar tambahan pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 adalah Ilija Spasojevic. Pemain naturalisasi itu tampil moncer bersama Bali United musim ini.

Spaso saat ini berstatus sebagai top skorer sementara Liga 1 2021/2022 dengan koleksi 10 gol. Ketajaman Spaso bisa sangat diandalkan oleh Shin Tae-yong untuk membobol gawang lawan-lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Di dua laga uji coba Timnas Indonesia kontra Afghanistan dan Myanmar, deretan penyerang yang ada tampil melempem. Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Kushedya Hari Yudo gagal mencetak gol, sementara Ezra Walian hanya mampu membobol gawang Myanmar via tendangan penalti.

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong Nadeo Argawinata Johan Alfarizi Rizky Ridho Ilija spasojevic Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.178

Bagikan