BolaSkor.com - Semua pembalap MotoGP akan mengikuti lomba putaran 12 musim 2019 di Sirkuit Silverstone, Inggris, akhir pekan ini.

Begitu banyak hal menarik yang layak ditunggu pada lomba kali ini. Seperti apakah Andrea Dovizioso bisa kembali mengalahkan Marc Marquez seperti lomba sebelumnya di Red Bull Ring, Austria.

Lantas siapa tim dan pembalap yang punya rapor positif setiap kali berlomba di Sirkuit Silverstone? BolaSkor.com sudah mengumpulkan data dan fakta menarik mengenai lomba MotoGP Inggris 2019.

Baca Juga:

Jorge Lorenzo Sadar Tidak Bisa Langsung Cepat di Silvestone

Hari Terakhir Tes MotoGP di Sirkuit KymiRing: Motor Aprilia Tercepat

1. Gelaran Musim Lalu Ditunda

Lomba di Sirkuit Siverstone tahun 2018 harus ditiadakan karena cuaca buruk. Praktis ini merupakan kali pertama lomba kelas MotoGP dibatalkan sejak MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang tahun 2011. Kala itu lomba dihentikan setelah Marco Simoncelli kecelakaan dan meninggal dunia.

2. Sejarah Silverstone

Salah satu trek ikonik dan berusia sangat panjang di dunia. Sirkuit yang berlokasi di Northampton Villages ini sudah menggelar Kejuaraan Dunia Balap Mobil tahun 1948 atau ketika Formula 1 bahkan belum ada. Posisi Silverstone sendiri sebagai tempat lomba MotoGP sempat digantikan Donington mulai tahun 1987. Tapi terhitung sejak 2010, Silverstone kembali berstatus sirkuit MotoGP Inggris.

3. Ciri Khas

Silverstone punya karakteristik yang bisa dibilang hanya dipunyai segelintir sirkuit di dunia ini. Adalah cuaca yang kerap berubah secara cepat. Pada satu hari, panas terik matahari membuat temperatur aspal begitu tinggi. Namun kondisi ini seketika berganti jadi hujan deras.

Lomba di Silverstone
Duel Valentino Rossi versus Marc Marquez yang Berlangsung pada Trek Basah di Silverstone Tahun 2015 (Zimbio)

4. Yamaha Paling Sering Menang

Sejak kembali menggelar MotoGP Inggris tahun 2010, Yamaha jadi pabrikan tersukses di trek ini. Terhitung kurun waktu 2010-2018, pembalap Yamaha menang empat kali: tiga kali (2010, 2012, dan 2013) Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sekali (2015). Honda menguntit lewat dua kemenangan Casey Stoner tahun 2011 dan Marc Marquez musim 2014. Ducati sendiri baru merasakan satu kemenangan lewat kontribusi Andrea Dovvizioso tahun 2017.