4 Duel Chelsea Vs Liverpool dalam Partai Final

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 26 Februari 2022
4 Duel Chelsea Vs Liverpool dalam Partai Final
Chelsea vs Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea akan menantang Liverpool pada laga final Piala Liga 20121-2022. Ini menjadi kali kelima kedua tim bertemu di partai puncak sebuah turnamen.

Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (27/2) pukul 23.30 WIB. Laga ini diprediksi berlangsung sengit dan menarik.

Chelsea dan Liverpool memang memiliki level permainan yang setara. Keduanya juga turut bersaing sengit di papan atas klasemen Premier League.

Baca Juga:

Penyebab Perpanjangan Kontrak Azpilicueta dengan Chelsea Berjalan di Tempat

Faktor Nonteknis Turut Pengaruhi Performa Lukaku di Chelsea

Efek Konflik Rusia-Ukraina, Chelsea Bisa Ditinggal Abramovich

Kehadiran Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel sebagai juru taktik kedua tim semakin membuat pertandingan ini menarik. Mereka pasti berambisi menegaskan diri sebagai manajer Jerman terbaik di tanah Inggris.

Sebelum menyaksikan sengitnya duel Chelsea kontra Liverpool, ada baiknya mengingat kembali pertarungan kedua tim pada empat laga final sebelumnya. Berikut ini rangkumannya:


1. Liverpool 5-4 Chelsea (Piala Super Eropa 2019)

Kedua tim terakhir kali bertemu di final pada ajang Piala Super Eropa 2019. Ketika itu, Liverpool keluar sebagai pemenang.

Liverpool dan Chelsea bermain imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir. Olivier Giroud dan Sadio Mane mencatatkan namanya di papan skor.

Liverpool dan Chelsea kembali berbalas gol pada babak perpanjangan waktu. Sontekan Sadio Mane dibalas oleh penalti Jorginho sehingga sang pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Pada fase ini, dewi fortuna lebih berpihak kepada Liverpool. Dari lima eksekutor penalti kedua tim, hanya tammy Abraham yang gagal dan The Reds mengunci gelar juara dengan kemenangan 5-4 pada babak tos-tosan.


2. Chelsea 2-1 Liverpool (Piala FA 2011-2012)

Chelsea menunjukkan superioritasnya kepada Liverpool saat bertemu pada final Piala FA 2011-2012. Saat itu Merseyside Merah memang masih berusaha bangkit dan mengulangi kejayaan di masa lalu.

Namun Chelsea memberi pelajaran berharga kepada Liverpool. Tim asuhan Roberto Di Matteo keluar sebagai juara usai menang 2-1.

Chelsea langsung memimpin saat laga baru memasuki menit kesebelas. Ramires dengan tenang menaklukkan Pepe Reina dari jarak dekat.

Didier Drogba menggandakan keunggulan Chelsea pada menit ke-52. Sementara Liverpool hanya bisa membalas sekali lewat sepakan Andy Carroll.


3. Liverpool 2-3 Chelsea (Piala Liga 2004-2005)

Liverpool dan Chelsea sudah pernah bertemu di final Piala Liga 2004-2005. Saat itu duel kedua tim diwarnai drama.

Liverpool langsung memecah kebuntuan pada menit pertama lewat tembakan voli John Arne Riise. Namun keunggulan tersebut sirna hanya sebelas menit sebelum babak kedua berakhir.

Ironisnya, Chelsea mampu menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Steven Gerrard. Sundulan Bintang Liverpool itu dengan maksud mengamankan pertahanan justru membuat bola bergulir ke gawang sendiri.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Laga terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Chelsea jauh lebih siap untuk melakoni perpanjangan waktu. Tim asuhan Jose Mourinho mampu mencuri dua gol cepat lewat aksi Didier Drogba dan Mateja Kezman.

Usaha Liverpool untuk menyamakan kedudukan gagal terwujud. Mereka hanya mampu membalas sekali melalui gol Nunez.

Skor 3-2 untuk kemenangan Chelsea akhirnya bertahan hingga laga usai. Mourinho sukses mempersembahkan trofi perdana untuk klub asal London tersebut.


4. Chelsea 1-2 Liverpool (Community Shield 2006)

Satun final lain terjadi pada ajang Community Shield 2006. Meski bersifat turnamen pemanasan, ajang ini tetap memperebutkan sebuah trofi.

Duel kedua tim berlangsung sengit dan terbuka. Liverpool akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Aksi individu John Arne Riise membawa Liverpool memimpin pada menit kesembilan. Chelsea kemudian membalas di penghujung babak pertama lewat sepakan Andriy Shevchenko yang baru diboyong dari AC Milan.

Kemenangan Liverpool dipastikan melalui gol Peter Crouch pada menit ke-80. Chelsea tak mampu membalas lagi hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Chelsea Liverpool Piala Liga Piala Liga Inggris Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan