BolaSkor.com - Timnas Hungaria menjadi satu dari empat tim terakhir yang memastikan diri tampil di putaran final Piala Eropa 2020. Mereka lolos lewat jalur play-off.

Hungaria sebenarnya tampil buruk di babak kualifikasi. Tim asuhan Marco Rossi hanya mampu menempati peringkat keempat dari lima tim yang berada di grup E.

Namun keberuntungan masih berpihak kepada Hungaria. Mereka seperti mendapat durian runtuh karena mendapat tiket play-off dari jalur UEFA Nations League.

Baca Juga:

3 Fakta Menarik dari Tim Kejutan Piala Eropa 2020, Makedonia Utara

5 Eks Wonderkids yang Gagal Memenuhi Ekspektasi

4 Tim Besar yang Terancam Gagal Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

Meski begitu, Hungaria sebenarnya mendapat hasil undian yang cukup berat di babak play-off. Tim-tim seperti Rumania, Bulgaria, dan Islandia tentu bukan lawan sembarangan.

Apalagi Hungaria akan bertindak sebagai tim tamu pada babak semifinal. The Mighty Magyars harus bertandang ke markas Bulgaria.

Hebatnya, Hungaria mampu mencuri kemenangan dengan skor telak 3-1. Nemanja Nikolic dan kawan-kawan pun melaju ke final play-off dan akan berhadapan dengan Islandia.

Pada laga final, Hungaria mendapat keuntungan menjadi tuan rumah. Namun Islandia yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir tetap lebih diunggulkan.

Islandia seperti akan menang dengan mudah saat Gylfi Sigurdsson membawa tim tamu unggul saat laga baru berjalan sebelas menit. Keunggulan tersebut bertahan hingga waktu normal tersisa dua menit.

Pada momen inilah keajaiban terjadi. Hungaria secara luar biasa mampu melakukan comeback. Dua gol yang dicetak Loic Nego dan Dominik Szoboszlai membalikkan kedudukan secara dramatis.

Skor 2-1 untuk kemenangan Hungaria bertahan hingga laga usai. Mereka pun lolos ke putaran final.

Sejumlah fakta menarik mengiringi kelolosan Hungaria ke putaran final Piala Eropa 2020. Berikut empat di antaranya:

1. Harusnya tidak mendapat tiket play-off

Timnas Hungaria harusnya tidak berhak tampil di play-off Piala Eropa 2020. Hal itu karena mereka hanya menempati peringkat kedua grup C Liga 2 di bawah Finlandia.

Secara regulasi, tim yang mendapatkan tiket play-off adalah para juara grup. Namun kelolosan Finlandia lewat jalur kualifikasi membuat Hungaria mendapatkan hak tersebut.


2. Lolos dari play-off jalur A

Meski mendapat durian runtuh, jalan terjal tetap harus dilalui Hungaria. Mereka ditempatkan di jalur A meski berasal dari Liga C UEFA Nations League.

Hal itu membuat Hungaria harus berada di jalur yang sama dengan islandia yang berasal dari Liga A. Padahal jika berstatus juara grup sesuai regulasi, mereka tidak akan bertemu dengan lawan dari divisi di atasnya.

Jalan terjal itu terbukti mampu dilewati Hungaria. Kemenangan atas Islandia membuktikan kelayakan mereka untuk tampil di putaran final.


3. Dua kali beruntun tampil di putaran final

Lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 merupakan sejarah bagi sepak bola Hungaria. Ini pertama kalinya timnas mereka tampil di dua edisi turnamen antar negara-negara Eropa secara beruntun.

Sebelumnya, Hungaria sudah tampil tiga kali di putaran final Piala Eropa

Hungaria juga lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Momen itu mengakhiri masa penantian selama 44 tahun.

Hungaria tercatat baru empat kali lolos ke putaran final Piala Eropa. Dua kesempatan lainnya terjadi pada edisi 1964 dan 1972.


4. Tergabung di grup neraka

Jalan terjal Hungaria nampaknya tidak akan berhenti di babak play-off. Pada putaran final Piala Eropa 2020, mereka tergabung di grup neraka.

Hungaria yang tergabung di grup F akan bersaing dengan tiga tim raksasa seperti Portugal, Prancis, dan Jerman. Hal ini akan membuat peluang mereka untuk lolos ke fase gugur sangatlah tipis.

Namun kejutan yang terjadi di play-off pasti akan menambah rasa percaya diri para pemain Hungaria. Bukan tidak mungkin dewi fortuna kembali mengiringi perjalanan mereka.