4 Fakta Menarik Indonesia Menggelar MotoGP

Hendry WibowoHendry Wibowo - Jumat, 22 Februari 2019
4 Fakta Menarik Indonesia Menggelar MotoGP
Marc Marquez Saat Berkunjung ke Indonesia Beberapa Waktu Lalu (PT. Astra Honda Motor)

BolaSkor.com - Kabar yang muncul beberapa hari terakhir memunculkan asa baru untuk para penggemar MotoGP di Indonesia.

Bagaimana tidak, pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengklaim telah mengantongi kontrak untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021-2023.

Baca Juga:

Media Internasional Ramai Beritakan Indonesia Teken Kontrak untuk Gelar MotoGP

Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia Hanya Satu Tahun, Butuh Sekitar Rp 700 Miliar

Sirkuit Sentul Saat Ini
Kondisi Sirkuit Sentul Saat Ini (istimewa)

ITDC memang memiliki proyek sirkuit jalan raya yang terletak di Mandalika, Lombok. Jika benar-benar terealisasi, maka Indonesia akan cetak sejarah sebagai negara pertama yang menggelar MotoGP di sirkuit jalan raya.

Namun untuk diketahui, kedatangan rombongan MotoGP ke Tanah Air, bukan kali pertama buat Indonesia. Negara ini pernah menggelar Kejuaraan Dunia Balap Motor pada akhir 1990-an. BolaSkor.com coba merangkum fakta menarik dari MotoGP Indonesia.

1. Sirkuit Sentul Tuan Rumah Tahun 1996-1997

Pada tahun 1990-an, Indonesia memiliki sirkuit bertaraf internasional dan cukup disegani pada masanya. Adalah Sirkuit Sentul, Bogor. Tercatat Sentul menggelar lomba kelas 500 cc (nama sebelum MotoGP) pada tahun 1996-1997.

Pada musim 1996, GP Indonesia berstatus putaran kedua dan digelar setelah GP Malaysia di Sirkuit Shah Alam. Namun tahun 1997, penyelenggaraan GP Indonesia digeser menjadi putaran ke-14 dari total 15 putaran kala itu.

Sayangnya krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1998, turut mendepak negara ini dari kalender balap Kejuaraan Dunia Balap Motor dan sampai sekarang belum pernah kembali lagi.

Motogp MotoGP Indonesia Breaking News Valentino Rossi Mandalika ITDC
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan