4 Faktor yang Bisa Bikin Inggris Sukses di Piala Dunia 2018

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 16 Juni 2018
4 Faktor yang Bisa Bikin Inggris Sukses di Piala Dunia 2018
Suasana latihan timnas Inggris (Twitter/HKane)

BolaSkor.com - Penggemar Inggris sepertinya sudah terbiasa dengan kekecewaan. Nyaris setiap kali ikut Pala Dunia, Inggris berangkat dengan pengharapan besar, namun hanya untuk berakhir dengan patah hati.

Saat ini, pengharapan publik tidak setinggi sebelumnya. Namun, bukan berarti Inggris bakal kembali menuai hasil minor. Berikut empat faktor yang bisa membuat The Three Lions sukses di Piala Dunia FIFA 2018.


1. Era Baru di Bawah Southgate

Gareth Southgate, yang sebelumnya menangani timnas Inggris U-21, dipromosikan ke timnas senior pada September 2016. Southgate ditunjuk semula sebagai pelatih sementara mengisi kekosongan yang ditinggalkan Sam Allardyce yang mengundurkan diri.

Mantan bek berusia 57 tahun itu langsung memberikan udara baru ke dalam timnas Inggris dengan menyuntikan pemain-pemain muda.

Southgate dinilai sosok penuh percaya diri namun tanpa basa-basi. Hal ini membawa suasana baru dan santai di tubuh Ingris.


2. Kapten Fantastis

Untuk Piala Dunia 2018, Inggris menunjuk Harry Kane sebagai kapten tim. Mesin gol Tottenham Hotspur akan bertanggung jawab sebagai pemimpin tim.

Tak sedikit yang meragukan kemampuan Kane sebagai kapten. Namun tak sedikit pula yang menilai Kane adalah pemimpin alami bagi Inggris. Kane disebut akan menjadi kapten sekaligus pahlawan bagi Inggris lewat torehan golnya.

Ambisi Kane yang ingin membuka rekening golnya di Piala Dunia bisa menjadi lecutan bagi rekan setimnya. Pun dengan permainan Kane yang agresif dan berani.


3. Kedalaman Tim

Saking dalamnya, Southgate dipusingkan dengan urusan siapa yang akan dia mainkan? Siapa yang lebih siap, Eric Dier atau Jordan Henderson pada posisi bertahan di lini tengah.

Siapakah pemain muda yang akan dipercayainya, Marcus Rashford atau Jesse Lingard? Keduanya menunjukkan penampilan yang mengesankan dalam kemenangan 2-0 persahabatan atas Kosta Rika.

Nyaris di semua posisi Southgate memiliki dua pemain yang punya kualitas setara.


4. Formasi yang Lentur

Di bawah Southgate, kita akan melihat banyak formasi modern yang diusung Inggris, tidak terkecuali sistem pertahanan dengan tiga pemain. Southgate acap menggunakan formasi 3-5-2 yang bisa bertransformasi menjadi 5-3-2 pada saat dibutuhkan.

Saat Inggris ingin memenangkan bola di depan, mereka bisa mengandalkan Raheem Sterling, Harry Kane, Jesse Lingard, dan Dele Alli. Kecepatan mereka akan menahan lawan sejak dini. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertempuran di lini tengah dimana disebutkan sebagai titik terlemah Inggris.

Piala Dunia 2018 Inggris
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan