BolaSkor.com - Gelandang Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu memiliki penilaian tersendiri untuk posisi gelandang di Indonesia. Bahkan ia memiliki empat gelandang terbaik versinya yang dianggap menjadi paling terbaik di Liga Indonesia.

Pemain asal Tulehu ini bisa dibilang menjadi salah satu pemain yang loyal bersama skuat Macan Kemayoran. Bergabung pada tahun 2007, Ramdani hanya semusim tidak berseragam Persija pada tahun 2013 lalu, ketika itu bermain untuk Sriwijaya FC.

Ramdani memiliki alasan mengapa memilih empat gelandang tersebut. Menurutnya, keempat pemain ini memiliki tipikal permainan yang berbeda. Bahkan jika digabungkan dalam satu tim, maka tim tersebut akan terasa sangat lengkap.

Baca Juga:

Jalani Karantina Mandiri, Naomi Nielsen Isi Waktu dengan Main Piano

Marc Klok Jawab Tantangan Fans, Juggling Durian

"Kalau untuk ikuti, posisi saya punya beberapa pemain. Biasanya saya itu suka pemain yang punya beberapa tipikal bermain, seperti pemain bertahan yang bisa menyerang, gelandang yang bisa bertahan, bisa menyerang, dan juga bisa menjadi playmaker," kata Ramdani.

Menariknya, keempat pemain ini merupakan mantan dan pemain dari Persija. Berikut empat gelandang terbaik versi Ramdani:

Imran Nahumarury

Ramdani memilih Imran bukan semata-mata karena tempat kelahiran mereka yang sama. Menurut Ramdani, Imran memiliki tipikal bermain yang cukup mempuni pada masanya.

Ramdani menilai, Imran memiliki passing-passing yang sangat akurat. Prestasinya juga luar biasa ketika bermain. Imran berhasil membawa Persija meraih gelar juara Liga Indonesia 2001.

Baca Juga:

Marco Motta Imbau Masyarakat Jakarta Patuhi Peraturan Pemprov DKI terkait Pencegahan Virus Corona

Pembina Persija Nilai Kinerja Ratu Tisha Sangat Baik

"Kalau dulu saya masih bermain bola di kampung, saya pesti mengidolakan Imran Nahumarury. Alasanya jelas, ketika semasa bermain di Persija dia salah satu pemain yang saya lihat memiliki passing-passing bola yang bagus," ujar Ramdani.

Firman Utina

Nama Firman Utina memang layak dijuluki sebagai salah satu pemain terbaik yang ada di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari deretan prestasi yang diberikan kepada tim yang dibelanya selama ini. Enam gelar juara bisa Firman berikan untuk empat tim yang berbeda.

Akan tetapi, Ramdani memiliki alasan tersendiri mengapa memasukan nama pemain yang identik dengan nomor punggung 15 ini sebagai gelandang terbaik versinya.

Menurutnya, Firman merupakan tipikal gelandang yang lengkap. Meski naluri bertahannya cukup lemah, namun Firman memiliki akurasi operan yang luar biasa.

Baca Juga:

Dana Sponsor Jadi Andalan Arema FC Penuhi 25 Persen Gaji Tim

Pembina Persija Nilai Kinerja Ratu Tisha Sangat Baik

"Ketika sampai di Jakarta dari Tulehu, saya melihat sosok Firman itu sangat luar biasa. Ia merupakan lengkap, punya long pass yang bagus, ia juga memiliki kelebihan dari segi drible." tutur Ramdani.

Ponaryo Astaman

Mantan kapten Timnas Indonesia ini salah satu gelandang paling kalem yang dimiliki oleh Indonesia. Gaya bermainnya terbilang simple dan tidak aneh-aneh, tetapi perannya sangat vital di lini tengah tim.

Naluri menyerangnya tidak sebagus Firman Utina, tetapi naluri bertahannnya ada di atas pemain lain. Ia bisa sangat tenang ketika mengalirkan bola. Satu kelebihan lainnya memiliki tendangan keras dan akurasi yang sangat baik.

"Satu lagi saya juga suka Pornaryo baik di tim maupun di Timnas Indonesia. Dia tipikal bertahannya sangat bagus dan yang saya suka ialah gaya bemainnya yang sangat simpel.

Evan Dimas

Evan Dimas merupakan sosok gelandang masa kini dengan visi bermain yang luar biasa. Gaya bermainnya seperti Andres Iniesta ketika masih bermain di Barcelona. Ramdani menilai Evan Dimas salah satu pemain muda berbakat yang ada di Indonesia.

"Kalau untuk era saat ini, Evan Dimas merupakan gelandang terbaik di Indonesia. Saya lihat dia pemain yang bermain dengan intelektual yang bagus," pungkas pemain berusia 28 tahun tersebut.