4 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Laga Atletico Madrid Vs Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 08 Januari 2023
4 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Laga Atletico Madrid Vs Barcelona
Atletico Madrid vs Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Selain Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid merupakan kandidat kuat petarung titel LaLiga setiap tahunnya. Atletico menjelma jadi kekuatan besar di Spanyol sejak Diego Simeone melatih pada 2011.

Pada era mantan pemain timnas Argentina itu Atletico memenangi dua titel LaLiga pada 2013-2014 dan 2020-2021. Menjadi juara LaLiga ketika liga didominasi oleh kekuatan Barcelona dan Real Madrid bukan perkara mudah.

Tak ayal Atletico tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh kedua klub tersebut. Pada pekan 16 LaLiga 2022-2023, Atletico akan menjamu Barcelona di Wanda Metropolitano, Senin (09/01) pukul 03.00 dini hari WIB.

Baca Juga:

Masa Depan Sergio Busquets Tentukan Nasib Pemain Incaran Barcelona, Ruben Neves

Presiden Barcelona Bicara soal Bernardo Silva dan Erling Haaland

Prediksi Atletico Vs Barcelona: Blaugrana Tanpa Robert Lewandowski

Kedua tim sudah bertemu sebanyak 170 kali sejak LaLiga dimulai pada 1929. Pertemuan keduanya diprediksi berjalan seru karena gaya main berbeda kedua klub. Menilik rilis yang diterima dari LaLiga, berikut BolaSkor menjabarkan hal-hal yang perlu diketahui mengenai laga Atletico vs Barcelona.

1. Pemenang

Dari 170 kali pertemuan tersebut Barcelona sering keluar sebagai pemenang dengan catatan 76 kemenangan, sedangkan Atletico masih jauh untuk menyamainya karena mereka menang 52 kali, sementara sisa 42 laga berakhir imbang.

2. Laga Pertama

Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada musim 1928-1929 atau tepatnya pada 10 Maret 1929. Kala itu Atletico bermain kandang dan meraih kemenangan dengan skor mencolok 4-1 melalui gol Cosme dan Yllera.

Barcelona mencetak gol hiburan dari Parera dan nama Cosme, yang mencetak gol di menit lima, tercatat sebagai pencetak gol pertama pada laga Atletico melawan Barcelona.

3. Penampil Terbanyak

Satu abad LaLiga berjalan dan banyak pemain terbaik tampil di laga Atletico kontra Barcelona. Akan tapi sejak pergantian abad, penampil terbanyak di pertandingan tersebut adalah megabintang Argentina yang kini bermain di PSG, Lionel Messi.

Messi sudah bermain 30 kali lawan Atletico diikuti legenda Barcelona lainnya, Andres Iniesta (26 laga). Pasca Iniesta ada Sergio Busquets dan Gerard Pique dengan 25 laga. Sementara dari kubu Atletico saat ini penampil terbanyaknya adalah Koke (22 laga).

4. Pencetak Gol Terbanyak

Pada poin ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya, La Pulga alias Lionel Messi keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan catatan 26 gol dari 30 pertandingan. Cukup sulit menandingi catatan penilik tujuh Ballon d'Or tersebut.

Pasalnya yang terdekat dari Messi adalah Paco Campos (12 gol) dan Fernando Torres (8 gol) - keduanya sudah pensiun.

Catatan menarik lainnya sebagai tambahan adalah skor tertinggi laga tersebut, yang terjadi pada 2006-2007, saat Barcelona menang 6-0 atas Atletico di stadion lama Atletico, Vicente Calderon. Gol-gol Barcelona dicetak Messi (dua gol), Gianluca Zambrotta, Samuel Eto'o, Ronaldinho, dan Iniesta.

Trivia Sepak Bola LaLiga Atletico Atletico Madrid Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.105

Bagikan