4 Jersey Paling Nyentrik Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 22 Oktober 2022
4 Jersey Paling Nyentrik Sepanjang Sejarah Piala Dunia
Timnas Kamerun di Piala Dunia 2002. (Twitter FIFA)

BolaSkor.com - Turnamen sepak bola paling akbar di muka bumi ini, Piala Dunia, memasuki edisi ke-22 pada tahun 2022. Piala Dunia 2022 diselenggarakan di Qatar dari tanggal 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Piala Dunia selalu melahirkan cerita menarik sepanjang sejarah bergulirnya turnamen empat tahunan tersebut. Salah satunya lahir dari sisi faktor non-teknis, seperti jersey para penggawa tim nasional peserta Piala Dunia.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, hanya ada beberapa jersey yang menyita perhatian publik begitu tinggi. Bahkan, jersey ini bisa dinilai aneh hingga dipuji karena desainnya.

Baca Juga:

Nostalgia Piala Dunia: Epilog Pahlawan Brasil Berkaki Bengkok dan Panjang Sebelah, Garrincha

Nostalgia Piala Dunia: Mengenang Kiprah Pelatih Tersukses, Vittorio Pozzo

Nostalgia Piala Dunia - Magical Magyars, Sepak Bola Sosialis, dan Prototipe Total Football

Meski begitu, jersey yang menyita perhatian publik menjadi serba-serbi Piala Dunia di setiap pagelarannya. Lalu dikenang sebagai salah satu pernak-pernik Piala Dunia.

BolaSkor.com telah merangkum empat jersey paling nyentrik sepanjang sejarah Piala Dunia. Jersey apakah itu? Berikut jawabannya:

1. Jersey Kiper Meksiko Jorge Campos Piala Dunia 1994

Jorge Campos di Piala Dunia 1994. (Pinterest)

Masih ingat dengan nama Jorge Campos? Ia merupakan timnas Meksiko di Piala Dunia 1994, 1998, dan 2002. Kiper kelahiran 15 Oktober 1966 tersebut pernah menjadi bahan perhatian dunia pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Hal itu dikarenakan jersey yang dikenakan Campos. Jersey kiper timnas Meksiko memiliki corak warna yang sangat nyentrik. Banyak yang suka terhadap corak warna jersey Campos, karena dinilai unik.

Namun, banyak juga yang menyebut jersey Campos sangat norak. Bahkan, sebuah media ternama Inggris, Football Daily, menobatkan jersey Campos sebagai paling buruk sepanjang pagelaran Piala Dunia di tahun 2017. Setujukah Anda?

Sayang, penampilan Campos gagal membawa Meksiko sukses di Piala Dunia 1994. Meksiko terhenti di babak kedua Piala Dunia 1994 usai dikalahkan Bulgaria dengan melalui drama adu tendangan penalti dengan skor 3-1.

2. Jersey Timnas Kamerun Piala Dunia 2002

Jersey timnas Kamerun di Piala Dunia 2002. (Pinterest)

Timnas Kamerun menjadi perhatian para pencinta sepak bola di Piala Dunia 2002. Hal itu dikarenakan jersey resmi dari timnas Kamerun.

Timnas Kamerun menggunakan jersey tanpa lengan pada tahun 2002, setelah sang sponsor apparel Puma meliris baju tempur Samuel Eto'o dkk. FIFA pun bereaksi dengan melarang jersey itu dipakai di Piala Dunia 2002.

Alhasil, Kamerun memakai jersey dengan tambahan lengan warna hitam saat Piala Dunia 2002. Kejadian ini tentu membuat Anda berkomentar ada-ada saja timnas Kamerun.

3. Jersey Timnas Nigeria Piala Dunia 2018

Timnas Nigeria. (Zimbio)

Di Piala Dunia 2018, timnas Negeria memiliki jersey yang sangat unik. Jersey resmi timnas Nigeria keluaraan Nike mengusung tema retro.

Justru, jersey Nigeria ini digemari oleh banyak orang. BBC mengabarkan, hingga saat ini sudah ada lebih dari tiga juta orang yang memesan jersey anyar timnas Nigeria. Jumlah tersebut terbilang mengejutkan jika melihat status Nigeria yang tak menjadi unggulan. Untuk urusan harga, jersey anyar timnas Nigeria dibanderol 64,95 pounds atau sekitar 1,2 juta.

Jersey Nigeria tersebut memang sudah menjadi favorit pada Piala Dunia 2018. Berdasarkan pemungutan suara yang dilakukan Sky Sports, jersey Nigeria berada pada posisi puncak mengalahkan Jerman, yang berada di tempat kedua.

4. Jersey Tim Piala Dunia 2022 Keluaran Apparel Puma

Jersey Puma di Piala Dunia 2002
Jersey Puma di Piala Dunia 2002. (Twitter Puma)

Para tim Piala Dunia 2022 sudah memperkenalkan jersey mereka. Ada tiga apparel yang mendominasi tim di Piala Dunia 2022, yakni Adidas, Nike, dan Puma.

Untuk nama terakhir, jersey yang digunakan tim Piala Dunia 2022 mendapat kritikan. Apparel Puma mengeluarkan jersey yang tak lazim untuk para peserta Piala Dunia 2022.

Desain Puma dinilai sangat biasa dengan adanya nomor dada yang besar di dalam kotak yang besar. Banyak yang berkomentar negatif bahwa Puma memberikan jersey terburuk selama Piala Dunia.

Meski begitu, ada pula pihak yang memuji desain Puma berbeda dengan yang lain. Enam negara yang menjalin kerja sama dengan Puma di Piala Dunia 2022 adalah Uruguay, Senegal, Serbia, Maroko, Ghana, dan Swiss.

Piala Dunia Piala Dunia 2002 Piala Dunia 2018 Piala dunia 2022 Kamerun Timnas kamerun Nigeria Timnas nigeria Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.005

Bagikan