4 kemenangan Liverpool di Markas Tim Italia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 07 Desember 2021
4 kemenangan Liverpool di Markas Tim Italia
Inter vs Liverpool pada 2008 (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool akan memainkan laga terakhir grup B Liga Champions 2021-2022 di San Siro, markas AC Milan, pada Rabu (08/12) pukul 03.00 dini hari WIB. The Reds tidak punya misi khusus di laga nanti.

Berada di grup 'neraka' Liverpool sukses menyegel posisi satu klasemen dengan sapu bersih lima kemenangan melawan Atletico Madrid, Porto, dan Milan. Jurgen Klopp bahkan sudah mengutarakan bakal merotasi skuadnya.

"Kami harus merotasi, itu jelas. Kami harus, itulah headline sebenarnya. Selalu seperti ini, Anda membuat perubahan dengan kaki yang segar dan memiliki tingkat energi yang lebih tinggi. Itulah ide di baliknya," terang Klopp di laman resmi UEFA.

"Anda hanya bisa memenangkan banyak hal dengan skuad yang fantastis. Kami senang dengan skuad yang kami miliki. Kami sudah saling kenal sejak lama."

Baca Juga:

Kembali Cetak Empat Gol, Liverpool Dianggap Berasal dari Planet Lain

Milan di Ujung Tanduk, Pioli Yakin Liverpool Bisa Dikalahkan

Syarat AC Milan Lolos 16 Besar Liga Champions: Mungkin, tetapi Ruwet

"Kami tahu peran kami, sepak bola kami terlihat lebih dewasa daripada di masa lalu, para pemain punya hubungan yang baik satu sama lain. Kami memiliki skuad yang bagus."

Berbeda dari Liverpool, Milan masih punya peluang lolos ke fase gugur jika mereka memenangi laga nanti dan Porto gagal menaklukkan Atletico. Porto saat ini di urutan dua dengan raihan lima poin, diikuti Milan (empat poin) dan Atletico (empat poin).

Italia juga bukan tempat yang bersahabat untuk Liverpool. Menilik data di Eurocuphistory dari data per 1965, Liverpool hanya menang empat kali kala bermain di Italia. Berikut kemenangan-kemenangan tersebut:

4. Roma 0-2 Liverpool (15 Februari 2001)

16 besar Liga Champions 2000-2001. Liverpool arahan Gerard Houllier menyambangi Stadio Olimpico, markas AS Roma di leg satu. Di luar dugaan Liverpool mampu menang 2-0 di laga yang dipimpin Markus Merk melalui dua gol Michael Owen.

"Keseluruhan tim sangat hebat. Saya khawatir karena kami kehilangan pemain karena cedera dan akumulasi kartu, beberapa lainnya baru pulih dari cedera. Tapi gol Michael memberikan kami keyakinan dan pertahanan sangat hebat," tutur Houllier.

Liverpool pada akhirnya lolos ke delapan besar karena Roma hanya menang 1-0 di leg dua dan kalah agregat gol 1-2. Roma kala itu memiliki Hidetoshi Nakata, Vincenzo Montella, Walter Samuel, dan Emerson.

3. Inter 0-1 Liverpool (11 Maret 2008)

Liverpool masih dilatih Rafael Benitez dan berjumpa Inter arahan Roberto Mancini di 16 besar Liga Champions 2007-2008. Usai menang 2-0 di Anfield, Liverpool memperlihatkan kualitas mereka di atas Inter dengan kemenangan 1-0 di Italia.

Diwarnai kartu merah Nicolas Burdisso, Liverpool menang dari gol Fernando Torres di menit 64. Kala itu Torres membentuk lini serang mematikan bersama Steven Gerrard. Inter juga masih diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Javier Zanetti, Patrick Vieira, dan Dejan Stankovic.

2. Udinese 0-1 Liverpool (06 Desember 2012)

Kali ini terjadi di ajang berbeda dan Liverpool bermain di Liga Europa. Liverpool tergabung di grup A dengan Anzhi Makhachkala, Young Boys, dan Udinese. Pada 6 Desember 2012 Liverpool bermain di Stadio Friuli markas Udinese.

Liverpool besutan Brendan Rodgers menang tipis 1-0 dari gol tunggal Jordan Henderson di menit 23 pasca menerima bola dari Suso. Udinese juga bermain dengan 10 pemain pasca Giovani Pasquale menerima kartu merah. Liverpool finish sebagai pemuncak klasemen dan lolos ke fase gugur.

1. Atalanta 0-5 Liverpool (03 November 2020)

Era berbeda dan Liverpool sudah kembali disegani di bawah asuhan Jurgen Klopp. Itu bisa dilihat kala Liverpool melumat Atalanta di Atleti Azzurri d'Italia dengan skor telak 5-0 pada laga grup D Liga Champions.

Penyerang asal Portugal Diogo Jota menorehkan hat-trick gol di menit 16, 33, dan 54, sementara dua gol lainnya datang dari Mohamed Salah (47') dan Sadio Mane (49'). Trio lini serang Liverpool benar-benar menghancurkan pertahanan Atalanta.

Breaking News Liga Champions Liverpool Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan