4 Kemenangan Manchester United di Emirates Stadium dalam Sejarah Premier League

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 20 Januari 2023
4 Kemenangan Manchester United di Emirates Stadium dalam Sejarah Premier League
Manchester United barun menang empat kali di Emirates Stadium dalam sejarah Premier League. (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United akan bertandang ke markas Arsenal dalam lanjutan Premier League 2022-2023, akhir pekan nanti. Setan Merah nyatanya punya rekor buruk di Emirates Stadium.

Bentrok kedua tim akan berlangsung Minggu (22/1), pukul 23.30 WIB. Sepanjang sejarah Premier League, Manchester United baru menang empat kali di Emirates Stadium.

Emirates Stadium sendiri baru dijadikan kandang Arsenal sejak musim 2006-2007. Stadion berkapasitas 60 ribu tempat duduk itu menggantikan Highbury.

Baca Juga:

Hadapi Arsenal Tanpa Casemiro, Erik ten Hag Tak Gentar

Man United Tanpa Casemiro Lawan Arsenal, De Gea Kritik Jadwal Premier League

Manchester United Batal Menang, Gary Neville Salahkan Pagar Betis

Rekor buruk di Emirates Stadium tentu menjadi alarm bahaya untuk Manchester United. Padahal Setan Merah butuh kemenangan untuk menghidupkan peluang juaranya.

Situasi semakin sulit karena Manchester United akan tampil tanpa Casemiro dalam pertandingan nanti. Padahal gelandang berkebangsaan Brasil tersebut menjadi salah satu pemain kunci.

Dari sisi kebugaran, Manchester United juga tidak ideal. Bruno Fernandes baru saja berjibaku pada laga kontra Crystal Palace, Kamis (19/1) dini hari WIB,

Sementara Arsenal punya waktu istirahat yang lebih panjang. Tim asuhan Mikel Arteta terakhir kali bertanding pada akhir pekan lalu.

Namun bukan berarti peluang Manchester United untuk menang sudah tertutup. Setidaknya mereka bisa berkaca dari empat kemenangan di masa lalu.

Berikut ini empat kemenangan Manchester United atas Arsenal di Emirates Stadium dalam sejarah Premier League:

1. Arsenal 1-3 Manchester United (2009-2010)

Manchester United butuh empat musim untuk meraih kemenangan perdananya di Emirates Stadium. Momen itu terjadi pada pekan ke-24 Premier League 2009-2010, 31 Januari 2010.

Manchester United mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1. Luis Nani menjadi bintang kemenangan dengan torehan dua assist.

Manchester United unggul tiga gol lebih dulu melalui bunuh diri Manuel Almunia (33'), sepakan Wayne Rooney (37'), dan aksi individu Park Ji-sung (52'). Sementara satu-satunya gol balasan Arsenal dicetak Thomas Vermaelen (80').


2. Arsenal 1-2 Manchester United (2011-2012)

Kemenangan dramatis diraih Manchester United saat bertandang ke Emirates Stadium pada pekan ke-22 Premier League 2011-2012. Arsenal berhasil dikalahkan dengan skor tipis 2-1.

Duel berlangsung sengit sejak awal pertandingan. Namun Manchester United mampu unggul lebih dulu pada akhir babak pertama melalui sundulan Antonio Valencia menyambut sundulan Ryan Giggs.

Arsenal mencoba bangkit usai turun minum. Robin van Persie akhirnya sukses menyamakan kedudukan ada menit ke-71.

Namun Manchester United akhirnya mampu mengunci kemenangan hanya sembilan meni sebelum waktu normal berakhir. Danny Welbeck membobol gawang Arsenal dari jarak dekat memanfaatkan umpan Valencia.


3. Arsenal 1-2 Manchester United (2014-2015)

Manchester United kembali berjaya di Emirates Stadium pada musim 2014-2015. Lagi-lagi Arsenal ditaklukkan dengan skor 2-1.

Manchester United unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Kieran Gibbs pada menit ke-56. Wayne Rooney kemudian menjauhkan keunggulan tim tamu lima menit sebelum waktu normal berakhir usai mendapat umpan matang dari Angel Di Maria.

Arsenal baru bisa memperkecil kedudukan pada masa injury time. Olivier Giroud melepaskan tembakan setengah voli untuk menaklukkan David De Gea.


4. Arsenal 1-3 Manchester United (2017-2018)

Kemenangan terakhir Manchester United di kandang Arsenal terjadi pada musim 2017-2018. Hasil ini tak lepas dari ketangguhan David De Gea di bawah mistar.

Manchester United hanya butuh waktu empat menit untuk memecah kebuntuan. Antonio Valencia mencatatkan namanya di papan skor usai tembakan mendatarnya menembus sela-sela kaki Petr Cech.

Jesse Lingard kemudian menggandakan keunggulan tim tamu tujuh menit berselang. Gol ini terjadi berkat umpan cerdik Anthony Martial.

Tertinggal dua gol, Arsenal membombardir gawang Manchester United. Namun De Gea membuat sejumlah penyelamatan gemilang termasuk peluang Alexis Sanchez dari jarak dekat.

Arsenal hanya mampu memperkecil kedudukan melalui sepakan Alexandre Lacazette pada menit ke-49. Namun gol itu menjadi tidak berarti setelah Lingard mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua.

Skor 3-1 untuk kemenangan Manchester United bertahan hingga laga usai. Padahal tim tamu bermain dengan sepuluh orang sejak Paul Pogba dikartu merah pada menit ke-74.

Arsenal Manchester United Premier League Emirates stadium Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan