BolaSkor.com - Lanjutan Premier League 2021-2022 akhir pekan ini akan dimeriahkan duel sengit antara Tottenham Hotspur kontra Chelsea. Laga bertajuk Derby London ini menjanjikan tontonan yang menarik.

Pertandingan kedua tim akan berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (19/9) pukul 22.30 WIB. Tottenham dan Chelsea kini hanya berjarak satu poin.

Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Chelsea memang sedikit lebih unggul. Dari 169 pertemuan, The Blues menang 73 kali dan hanya 55 kali kalah serta 41 lainnya berakhir imbang.

Baca Juga:

Jadi Pahlawan Chelsea, Romelu Lukaku Dapat Label Striker Limited Edition

Ben Chilwell Kena Mental hingga Jarang Main di Chelsea

Romelu Lukaku Tak Mau Rayakan Gol dengan Gaya Meluncur Lagi

Secara prestasi, Chelsea juga unggul jauh dari Tottenham. Mereka sudah meraih lima gelar Premier League, sedangkan The Lilywhites masih berusaha untuk menjadi penghuni tetap empat besar.

Tottenham memang mengalami kemajuan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mulai menggantikan peran Arsenal sebagai rival utama Chelsea di London.

Meski begitu, Chelsea masih cukup superior di hadapan Tottenham. Bahkan saat mereka melakoni laga tandang.

Dalam sedekade terakhir, Tottenham tercatat hanya mampu empat kali mengalahkan Chelsea di ajang Premier League. Tiga di antaranya terjadi saat menjadi tuan rumah.

Sebelum menyaksikan duel sengit kedua tim, ada baiknya kita mengingat kembali empat kemenangan Tottenham atas Chelsea tersebut. Berikut rangkumannya:

1. Tottenham 5-3 Chelsea (2014-2015)

Salah satu duel terseru antara Tottenham kontra Chelsea terjadi pada musim 2014-2015, tepatnya pekan ke-20. Kedua tim terlibat kejar-mengejar gol yang cukup sengit di White Hart Lane.

Chelsea seperti akan menang dengan mudah saat Diego Costa memecah kebuntuan pada menit ke-18. Namun gol ini justru membangkitkan motivasi bermain Tottenham.

Terbukti, Tottenham mampu bangkit dan mencetak tiga gol hingga babak pertama usai. Harry Kane, Danny Rose, dan Andros Townsend (penalti) mencatatkan namanya di papan skor.

Tottenham kian menjauh saat Kane mencetak gol kedua pada menit ke-52. Kondisi ini membuat Chelsea berada di bawah tekanan.

Chelsea yang ditangani Jose Mourinho kemudian mencoba bangkit. Eden Hazard memangkas ketertinggalan Chelsea pada menit ke-61 lewat sontekan kaki kanan.

Namun asa tim tamu kembali meredup usai Nacer Chadli kembali menjauhkan keunggulan Tottenham menjadi 5-2. Di sisa waktu, Chelsea hanya mampu mencetak satu gol hiburan lewat sontekan John Terry.

Kekalahan ini sempat mengancam peluang juara Chelsea. Posisi mereka di puncak klasemen mampu dikejar oleh Manchester City.


2. Tottenham 2-0 Chelsea (2016-2017)

Tottenham kembali menjamu Chelsea pada pekan ke-20 musim 2016-2017 di White Hart Lane, 4 Januari 2017. Harry Kane dan kawan-kawan lagi-lagi menghambat laju sang rival sekota menuju tangga juara.

Chelsea kala itu memang tengah memimpin klasemen sementara. Sementara Tottenham berada dua tingkat di bawahnya.

Meski posisinya lebih rendah di klasemen, Tottenham tampil tanpa rasa takut. Tim asuhan Mauricio Pochettino tampil agresif untuk meraih kemenangan.

Dele Alli menjadi bintang kemenangan Tottenham dengan mencetak sepasang gol di masing-masing babak. Ia memecah kebuntuan pada akhir paruh pertama lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan Christian Eriksen.

Alli kembali menjadi mimpi buruk pertahanan Chelsea di awal babak kedua. Dengan proses yang mirip, ia kembali mencetak gol kedua untuk mengunci kemenangan 2-0 Tottenham.


3. Chelsea 1-3 Tottenham (2017-2018)

Momen istimewa terjadi pada pertemuan kedua tim di musim 2017-2018. Tottenham untuk pertama kalinya dalam 27 tahun terakhir sukses meraih kemenangan di kandang Chelsea.

Kedua tim bertemu di Stamford Bridge pada pekan ke-32, 1 April 2018. Saat itu, Tottenham berada di empat besar dengan keunggulan lima poin dari Chelsea yang berada satu tingkat di bawahnya.

Chelsea pun harus mengalahkan Tottenham demi menjaga peluang lolos ke Liga Champions. Kondisi ini tampaknya membuat tim asuhan Antonio Conte terbebani.

Chelsea sempat unggul lebih dulu lewat sundulan Alvaro Morata pada menit ke-30. Namun Tottenham mampu menyamakan kedudukan jelang babak pertama berakhir melalui tendangan jarak jauh spektakuler Christian Eriksen.

Tottenham membuat publik Stamford Bridge terdiam di babak kedua. Dele Alli mencetak dua gol dalam tempo empat menit saja untuk mengamankan kemenangan tim tamu dengan skor 3-1.


4. Tottenham 3-1 Chelsea (2018-2019)

Kemenangan terakhir Tottenham atas Chelsea di ajang Premier League terjadi pada musim 2018-2019. Saat itu kedua tim bertemu pada pekan ke-13 di Stadion Wembley.

Chelsea datang dengan kepercayaan diri yang tinggi. Mereka belum terkalahkan di bawah asuhan Maurizio Sarri.

Namun fakta tersebut tak membuat ciut nyali Tottenham. Sebaliknya, tim yang masih ditangani Mauricio Pochettino seolah memiliki motivasi tambahan.

Hal itu benar-benar terlihat di lapangan. Tottenham langsung memimpin saat laga baru berjalan delapan menit melalui sundulan Dele Alli.

Kane menggandakan keunggulan Tottenham delapan menit berselang. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti berbelok arah karena mengenai bek Chelsea dan membuat Kepa Arrizabalaga hanya terdiam.

Tottenham semakin di atas angin saat solo run Son Heung-min memporak-porandakan pertahanan Chelsea pada menit ke-54. Pemain berkebangsaan Korea Selatan itu mengakhiri aksinya dengan penyelesaian yang tenang untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Chelsea baru bisa memperkecil kedudukan lima menit sebelum waktu normal berakhir melalui sundulan Olivier Giroud. Skor 3-1 untuk kemenangan Tottenham bertahan hingga laga usai.