BolaSkor.com - Pemilik Chelsea, Roman Abramovich salah satu figur di sepak bola yang terkena dampak serangan Rusia ke Ukraina yang sudah berlangsung sepekan lebih. Abramovich memutuskan menjual The Blues.

Seperti diketahui, Abramovich pemilik Chelsea sejak 2003 dan dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dengan besarnya sorotan dunia kepada Rusia dan juga kebaikan Chelsea, Abramovich legawa melepas Chelsea.

"Saya ingin menyampaikan spekulasi di media selama beberapa hari terakhir sehubungan dengan kepemilikan saya atas Chelsea FC. Saya selalu mengambil keputusan dengan mengutamakan kepentingan Klub," tutur Abramovich sebagaimana dilansir dari laman resmi Chelsea.

Baca Juga:

Pemain Chelsea Tak Siap Ditinggal Roman Abramovich

8 Rekrutan Terbaik Chelsea di Era Roman Abramovich

8 Pemain Termahal yang Dibeli Chelsea pada Era Roman Abramovich

"Dalam situasi saat ini, saya mengambil keputusan untuk menjual klub karena yakin itu demi kepentingan Chelsea, suporter, karyawan, sponsor, dan mitra."

Tapi Abramovich tidak sendiri. Beberapa klub sepak bola Eropa juga dimiliki oleh pengusaha dari Rusia. Siapa dan klub apa saja? Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Bournemouth - Maxim Demin

Maxim Demin mulai ikut ambil bagian dalam pembelian saham Bournemouth pada 2011 sebesar 850.000 poundsterling. Pria berusia 52 tahun memiliki penuh Bournemouth sejak 2019 setelah awalnya membeli 50 persen saham pada 2011, meningkat jadi 100 persen dua tahun kemudian.

Demin dibawa dari kasta ketiga liga sepak bola di Inggris menuju Premier League, namun kini bermain di Championship. Kendati demikian fans Bournemouth tak perlu khawatir, sebab nama Demin tidak dihubungkan dengan Putin hingga asetnya tak dibekukan serta menerima hukuman.

2. AS Monaco - Dmitry Rybolovlev

Monaco adalah satu-satunya klub di antara lima liga top Eropa yang dimiliki sosok dari Rusia, yakni Dmitry Rybolovlev. Pada 2021 Rybolovlev menurut Forbes punya kekayaan sebesar lima milyar poundsterling.

Rybolovlev sudah membeli saham Monaco sejak 2011 dan di satu poin kepemilikannya itu, klub sempat memiliki masalah keuangan kala uang Rybolovlev terkuras hingga mereka menjual Kylian Mbappe dan Bernardo Silva pada 2017.

Penjualan itu dilakukan usai mereka memenangi Ligue 1 dan mengalahkan PSG. Rybolovlev disinyalir tetap menjaga 66,6 persen sahamnya di klub, yang terdaftar atas nama putrinya Ekaterina.

Kendati demikian menurut L'Equipe, Rybolovlev bisa dikenai sanksi jika pengusaha-pengusaha dari Rusia dilarang menjalankan perusahaan asal Prancis. Menteri Finansial, Bruno Le Maire menilai 26 pengusaha jadi target - tapi salah satunya bukan Rybolovlev.

3. Vitesse Arnhem - Valeriy Oyf

Teman dekat Roman Abramovich dan pemilik klub Eredivisie, Vitesse Arnhem yang sempat memiliki relasi erat dengan Chelsea dan menjadi 'sekolah' bagi pemain-pemain The Blues seperti Mason Mount, Fikayo Tomori, dan Armando Broja.

Oyf bukan target yang berpotensi asetnya dibekukan atau dapat hukuman, tapi kaitannya dengan perusahaan seperti Rosneft dan Gazprom bisa menjadikannya target. Kekayaannya sampai saat ini belum diketahui nominalnya.

4. Krasnodar - Sergey Galitsky

Pada 2008 Sergey Galitsky adalah otak di balik berdirinya Krasnodar, klub baru di Rusia yang perlahan merangsek naik di liga dan sekarang jadi tim reguler di liga teratas sepak bola Rusia.

Galitsky diyakini sudah menghabiskan 400 juta poundsterling dari kekayaannya untuk sepak bola. Galisky secara langsung bersaing dengan kekayaan Abramovich dengan pria berusia 53 tahun, disinyalir punya kekayaan 3,5 miliar poundsterling.

Galitsky belum diketahui juga apakah kekayaannya itu bisa jadi target seperti halnya investor Everton, Alisher Usmanov.