BolaSkor.com - Timnas Italia merupakan salah satu kekuatan utama sepak bola dunia. Gli Azzurri hampir selalu menjadi unggulan dalam perhelatan akbar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

Koleksi empat trofi Piala Dunia sudah menggambarkan kekuatan Timnas Italia. Hanya Brasil yang berada di atas Italia.

Meski begitu, langkah Italia tak selalu mulus. Ada kalanya La Nazionale meraih hasil yang memalukan.

Baca Juga:

Timnas Italia: Juara Piala Eropa, Merana di Piala Dunia

Terancam Dipecat, Rekor Mancini di Timnas Italia Dapat Jadi Pertimbangan

Kalah dari Makedonia Utara, Mancini Rasakan Kejamnya Sepak Bola

Terbaru, Italia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Mereka mengalami hal ini dua kali beruntun.

Tak jarang langkah Italia dijegal oleh tim-tim kuda hitam. Padahal di atas kertas, mereka bisa mengatasinya dengan mudah.

BolaSkor.com telah merangkum deretan kuda hitam yang pernah memberikan mimpi buruk kepada Italia. Berikut penjabarannya:

1. Makedonia Utara

Makedonia Utara menjadi kuda hitam terbaru yang memberikan mimpi buruk kepada Italia. Negara yang baru merdeka pada 1991 tersebut menghentikan langkah pasukan Roberto Mancini di babak play-off.

Italia sebenarnya mendapat hak sebagai tuan rumah dalam fase ini. Namun keuntungan itu gagal dimaksimalkan dengan baik.

Makedonia Utara sukses meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 lewat tembakan spektakuler Aleksandar Trajkovski. Dramatisnya, gol tersebut tercipta pada masa injury time.


2. Kosta Rika

Kosta Rika tak punya tradisi bagus di Piala Dunia. Namun negara asal Amerika Utara itu memberikan mimpi buruk kepada Italia pada edisi 2014.

Pada ajang yang berlangsung di Brasil, Italia dan Kosta Rika masuk grup D. Kedua negara bertemu pada laga kedua.

Menariknya, Italia dan Kosta Rika sama-sama meraih kemenangan pada laga perdana. Hal ini membuat duel kedua tim berlangsung sengit.

Yang mengejutkan, Kosta Rika mampu mengalahkan Italia dengan skor 1-0. Bryan Ruiz mencetak gol kemenangan pada menit ke-44.

Kekalahan ini nyatanya membuat Italia berada dalam tekanan. Mereka akhirnya kembali kalah kontra Uruguay pada laga terakhir sehingga gagal lolos ke 16 besar.


3. Slovakia

Slovakia berstatus debutan saat tampil di Piala Dunia 2010. Namun negara pecahan Cekoslovakia itu tak gentar dengan nama besar Italia.

Kedua negara sama-sama tergabung di grup F. Italia dan Slovakia kemudian harus mengadu nasib pada laga terakhir untuk lolos ke fase gugur.

Italia tentu lebih diunggulkan untuk menang. Tim asuhan Marcello Lippi saat itu menyandang status juara bertahan.

Namun Italia berada dalam posisi yang kurang menguntungkan karena wajib menang untuk lolos ke babak 16 besar. Hal yang sama sebenarnya juga berlaku untuk Slovakia.

Di luar dugaan, Slovakia mampu meraih kemenangan dengan skor tipis 3-2. Hasil ini membuat Italia mengakhiri fase grup sebagai juru kunci.


4. Korea Selatan

Korea Selatan bisa dibilang menjadi kuda hitam paling mengejutkan yang mampu mengalahkan Italia. Momen itu terjadi pada babak 16 besar Piala Dunia 2002.

Korea Selatan yang bertindak sebagai tuan rumah memang mendapat dukungan penuh suporternya. Namun Italia diprediksi mampu mengatasinya karena diperkuat bintang-bintang Serie A.

Duel kedua tim berlangsung sengit. Italia mampu unggul lebih dulu lewat gol Christian Vieri pada menit ke-18.

Namun semangat pantang menyerah membuat Korea Selatan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-88 melalui aksi Seol Ki Hyeon. Laga kemudian berlanjut ke perpanjangan waktu.

Petaka bagi Italia datang hanya tiga menit sebelum babak perpanjangan waktu usai. Ahn Jung Hwan yang kala itu membela Perugia mampu mencetak gol kemenangan Korea Selatan lewat sundulan kepala.

Sistem Golden Goal yang masih diterapkan membuat Korea Selatan langsung mengunci kemenangan berkat gol Ahn Jung Hwan. Hasil ini menjadi salah satu aib dalam sejarah sepak bola Italia.