BolaSkor.com - Reputasi Liga Champions sebagai kompetisi yang banyak melahirkan kejutan kembali berlanjut pada musim 2020-2021. Sejumlah tim berstatus kuda hitam berpeluang lolos dari fase grup.

Fase grup Liga Champions musim ini hampir mencapai separuh jalan. Matchday ketiga akan digelar pada tengah pekan ini.

Kejutan langsung mewarnai dua laga yang sudah berjalan. Salah satunya tentu Real Madrid yang harus menempati peringkat terbawah di grup B.

Baca Juga:

3 Alasan Atalanta Jadi Lawan yang Patut Diwaspadai Liverpool

Prediksi Real Madrid Vs Inter Milan: Kedua Tim Sama-sama Mencari Momentum Kebangkitan

Prediksi Atalanta Vs Liverpool: Berebut Puncak Klasemen

Kolektor trofi Liga Champions terbanyak itu baru meraih satu poin. Hal tersebut membuat peluang Madrid untuk lolos dari fase grup menipis.

Kejutan lain tentu perkasanya Manchester United meski tergabung di grup H yang disebut-sebut sebagai grup neraka. Setan Merah secara mengejutkan mampu mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dan RB Leipzig yang berstatus finalis dan semifinalis musim lalu.

Terseok-seoknya sejumlah klub besar coba dimanfaatkan para kuda hitam untuk melaju lebih jauh di Liga Champions. Berikut empat tim kejutan yang berpeluang lolos dari fase grup:

1. Shakhtar Donetsk

Shakhtar Donetsk

Tergabung di grup B bersama Real Madrid dan Inter Milan membuat Shakhtar Donetsk tidak diunggulkan untuk lolos dari fase grup. Namun wakil Ukraina itu mampu memutarbalikkan prediksi dengan gemilang.

Shakhtar kini memimpin klasemen grup B dengan koleksi empat poin. Tim asuhan Luis Castro itu juga tak terkalahkan saat bersua Madrid dan Inter.

Shakhtar bahkan mampu mengalahkan Madrid dengan skor 3-2 pada laga tandang. Hebatnya, hal itu dilakukan dengan kekuatan yang pincang karena sejumlah pemain inti terinfeksi virus corona.

Andai mampu menjaga konsistensi permainan, Shakhtar bisa mengunci satu tempat di babak 16 besar. Hal itu akan membuat Inter dan Madrid serta Borussia Monchengladbach saling bunuh untuk merebut satu tiket tersisa.


2. Borussia Monchengladbach

Borussia Monchengladbach

Borussia Monchengladbach menjadi tim kuda hitam lain yang berpeluang lolos dari grup B. Sama seperti Shakhtar, wakil Jerman itu juga mampu mencuri poin saat bersua Madrid dan Inter.

Monchengladbach kini menduduki peringkat kedua dengan raihan dua poin. Mereka unggul produktivitas gol dari Inter yang berada satu tingkat di bawahnya dengan jumlah poin yang sama.

Peluang Monchengladbach untuk lolos dari fase grup akan lebih besar andai mampu mengalahkan Shakhtar pada dua laga beruntun. Jika mampu mewujudkan hal itu, mereka tinggal mencuri satu poin pada pertemuan
kedua kontra Madrid dan Inter.


3. Olympiakos

Olympiakos

Olympiakos mengawali fase grup Liga Champions musim ini dengan cukup baik. Wakil Yunani itu mampu meraih tiga poin dari dua laga pembuka.

Olympiakos menang dengan skor tipis 1-0 atas Olympique Marseille pada laga pembuka. Namun mereka takluk 0-2 dari FC Porto di pertandingan kedua.

Tantangan terbesar Olympiakos untuk lolos ke babak 16 besar akan tersaji pada matchday ketiga. Tim asuhan Pedro Martins tersebut dijadwalkan bertandang ke markas raksasa Inggris, Manchester City.

Andai mampu mencuri poin dari The Citizens, peluang Olympiakos untuk lolos tentu kian terbuka. Jika tidak terwujud, mereka harus saling bunuh dengan Porto untuk merebut satu tiket tersisa.


4. Club Brugge

Club Brugge

Tim kuda hitam terakhir yang berpeluang membuat kejutan adalah Club Brugge. Wakil Belgia itu mampu mengimbangi kekuatan Lazio dan Borussia Dortmund yang menjadi unggulan di grup F.

Club Brugge untuk sementara menempati peringkat kedua dengan poin empat hasil satu kemenangan dan satu kali imbang. Poin mereka sama dengan Lazio yang memuncaki klasemen tapi unggul selisih gol.

Namun peluang Club Brugge untuk lolos ke fase gugur akan sangat ditentukan dari dua laga berikutnya kontra Borussia Dortmund. Wakil Jerman tersebut tentu akan tampil ngotot untuk menggeser posisi mereka.