BolaSkor.com - Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 merupakan titik nadir bagi tim nasional Belanda. Tim Oranye terus terpuruk setelah tampil menawan pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Sejak saat itu, Belanda berusaha melakukan pembenahan untuk kembali bisa berbicara di kancah internasional. Namun usaha mereka tidak berjalan mulus. Hingga akhirnya mereka harus membayar mahal dengan hanya menjadi penonton pada Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Ya, itu merupakan empat tahun kelam bagi Belanda.

Kini, angin perubahan mulai dirasakan Belanda, terutama setelah mengangkat Ronald Koeman sebagai pelatih. Mantan libero Oranye hingga saat ini berhasil membangun sebuah timnas baru setelah melakukan banyak perombakan.

Banyak yang menganggap kegagalan Belanda dalam empat tahun pasca Piala Dunia 2014 tidak lepas dari kesulitan mereka melepaskan diri dari para bintang veteran. Di sisi lain, para pemain muda masih belum matang dan masih perlu waktu untuk berkembang.

Tapi semua itu sudah tidak lagi menjadi masalah. Tim Oranye yang merupakan kombinasi pemain senior dan talenta muda yang sudah matang, kembali menjadi momok menakutkan.

Juara dunia Prancis menjadi korban terakhir Belanda. Tidak hanya memetik kemenangan 2-0, di laga tersebut Belanda mampu mendominasi Prancis. Sebelumnya, pasukan Koeman juga sukses melibas Jerman dengan skor telak 3-0.

Paling tidak ada empat kunci sukses Koeman untuk mengembalikan kejayaan Belanda.