BolaSkor.comLiga 2 menjadi salah satu ajang yang bergengsi di Indonesia. Tak kalah dengan Liga 1, tim-tim di Liga 2 pun memiliki pelatih-pelatih hebat. Bahkan beberapa legenda Timnas Indonesia kini melatih tim Liga 2.

Saat ini kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu memang sedang mengalami penundaan. Seharusnya, pada 17 Oktober 2020 mendatang Liga 2 kembali digulirkan. Namun karena pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tidak memberikan izin, kompetisi tersebut kembali di tunda.

BolaSkor.com menghitung ada empat mantan pemain Timnas Indonesia yang kini melatih tim Liga 2. Dari mulai pemain yang berhasil meraih gelar bersama Timnas Indonesia, sampai dengan yang tidak memberikan gelar, berikut penjabaraannya:

Robby Darwis

Mantan legenda Persib Bandung ini saat ini menjadi pelatih kepala dari PSKC Cimahi. Ketika didapuk menjadi pelatih, manajemen PSKC Cimahi berharap, Robby Darwis bisa memberikan sentuhan magisnya agar tim tersebut bisa masuk ke Liga 1.

Selama bermain, Robby Darwis dikenal sebagai pemain yang lugas. Bersama Persib ia berhasil meraih tiga gelar perserikatan pada tahun 1986, 1989/90, 1993/94. Penampilannya tersebut pun dibawa ke Timnas Indonesia.

Ketika di Timnas Indonesia, Robby Darwis bermain sebanyak 53 kali dengan mencetak enam gol pada periode 1987-1997. Selama periode tersebut, ia berhasi memberikan dua gelar medali Emas SEA Gamas pada tahun 1987 dan 1991.

Robby Darwis. (Persib.co.id)

Jaya Hartono

Jaya Hartono merupakan salah satu talenta terbaik yang dimiliki oleh Indonesia baik itu sebagai pelatih maupun sebagai pemain. Ketika bermain ia berhasil meraih gelar juara pada kompetisi Galatama bersama Niac Mitra pada tahun 1987.

Bersama dengan itu juga, Jaya Hartono masuk ke Timnas Indonesia. Bersama Timnas Indonesia, ia bermain pada periode 1986-1990. Ketika itu Jaya Hartono berhasil meraih medali emas pada SEA Games 1987. Bahkan ia juga pernah membawa Timnas Indonesia bermain di ASIAN Games dan bermain sampai semifinal pada tahun 1986.

Jaya Hartono kini merupakan pelatih PSCS Cilacap. Kariernya sebagai pealatih pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Jaya hartono berhasil meraih gelar juara bersama Persik Kediri pada tahun 2003 lalu.

Jaya Hartono. (Istimewa)

Elie Aiboy

Pada periode 2000an Timnas Indonesia selalu diisi oleh beberapa talenta asal Papua, salah satunya ialah Elie Aiboy. Pemain yang mengawali kariernya di PSB Bogor itu mampu mencuri perhatian ketika bermain di Persija Jakarta.

Duetnya bersama Bambang Pamungkas membawanya dilirik oleh salah satu tim kuat Malaysia saat itu, Selangor FA. Penampilannya tersebutlah yang membuatnya bermain bersama Timnas Indonesia.

Selama periode 2001-2012 bermain di Timnas, Elie tidak pernah mampu memberikan gelar juara untuk Timnas Indonesia. Prestasi terbaiknya hanya berhasil membawa Timnas Indonesia meraih gelar runner up pada Piala Tiger 2004. Kini Elie Aiboy melatih Persewar Waropen pada gelaran Liga 2 2020.

Elie Aiboy. (Istimewa)

Seto Nurdiantoro

Pelatih PSIM Yogyakarta ini merupakan salah satu pelatih bertangan dingin di Indonesia. Perawakannya yang pendiam membuatnya tidak ditakuti oleh lawan, tapi pada nyatanya strateginya sulit dikalahkan oleh lawan.

Perawakan yang sama ia perlihatkan ketika masih bermain. Besar di PSS Sleman, seto menjelma menjadi gelandang yang luar biasa. Bahkan ia pernah bermain untuk Timnas Indonesia pada tahun 2000 dan memberikan gelar runner up Piala Tiger tahun 2000.

Selama bermain di Timnas Indonesia, pemain yang pernah meraih gelar juara bersama PSS Sleman baik sebagai pelatih dan pemain itu mampu mencetak tiga gol dari 14 kali penampilannya.

Seto Nurdiantoro. (Istimewa)