4 Masalah yang Harus Dibenahi Timnas Jerman

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 14 Oktober 2018
4 Masalah yang Harus Dibenahi Timnas Jerman
Timnas Jerman takluk dari Belanda di UEFA Nations League (Zimbio)

BolaSkor.com - Jerman harus pulang membawa malu usai dilibas 0-3 oleh rival abadi mereka Belanda pada lanjutan UEFA Nations League, Minggu (14/10) WIB. Hasil yang mengirim Der Panzer ke dasar klasemen grup.

Sejak menuai hasil buruk di Piala Dunia 2018, Jerman memang kesulitan memetik hasil positif. Bahkan saat persiapan Piala Dunia 2018 pun tren buruk armada asuhan Joachim Low mulai terlihat.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Jerman sudah tersingkir sejak fase grup. Ini merupakan pertama kalinya dalam delapan dekade Jerman gagal lolos dari penyisihan grup. Bagi publik Jerman, ini merupakan periode terkelam dalam sejarah.

Lepas dari Piala Dunia 2018, grafik buruk Jerman berlanjut. Kekalahan dari Belanda sejatinya menjadi tanda bahaya bagi Low. Kegagalan ini seakan memastikan adanya kekurangan yang segera harus dibenahi.

Kekalahan dari Belanda adalah yang kelima dalam sembilan pertandingan terakhir yang dilakoni Jerman. Sebuah catatan yang tidak semestinya datang dari tim sekaliber Jerman.

Menilik dari sisi permainan, paling tidak ada empat masalah yang tampak.

Serangan Tumpul

Saat melawan Belanda, dari sisi permainan sejatinya Jerman paling tidak bisa membuat gol. Dari data statistik laga, Jerman tercatat memiliki 21 tembakan, tapi hanya empat yang menemukan target. Catatan serupa aap terjadi kala Jerman tampil di Piala Dunia 2018 lalu.

Statistik tersebut menggambarkan potensi tim Jerman untuk mencetak gol relatif besar. Hanya penyelesaian akhir yang buruk.

Yang paling kentara adalah dalam lima laga terakhir, Jerman sudah melepaskan 107, namun hanya membuahkan dua gol. Jumlah sepakan terbanyak yaitu saat melawan Korea Selatan di Piala Dunia kemarin. Pada laga itu Jerman kalah 0-2 meski mereka melepaskan 28 tembakan.

Tidak adanya striker murni dituding menjadi penyebab. Pada Piala Dunia 2018, Timo Werner gagal melaksanakan tugasnya. Meski begitu Werner masih mendapat kepercayaan dari Low. Pun dengan Thomas Muller dan Julian Draxler. Jerman membutuhkan pemain seperti Miroslav Klose atau Jurgen Klinsmann.

UEFA Nations League Jerman
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan