4 Momen Kartu Merah dalam Karier Lionel Messi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 18 Januari 2021
4 Momen Kartu Merah dalam Karier Lionel Messi
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah rekor buruk ditorehkan Lionel Messi saat Barcelona takluk dari Athletic Bilbao pada laga final Piala Super Spanyol 2020-2021. Ia menerima kartu merah perdananya sepanjang berseragam tim utama Blaugrana.

Dalam laga yang berlangsung di Estadio de La Cartuja, Senin (18/1) dini hari WIB, Barcelona takluk dengan skor 2-3. Hasil itu diraih usai bertarung selama 120 menit.

Barcelona sebenarnya unggul dua kali dalam pertandingan ini lewat sepasang gol Antoine Griezmann. Namun dua kali pula Bilbao mampu menyamakan kedudukan.

Baca Juga:

Ada Apa dengan Lionel Messi?

Dua Rekor Terbaru Messi, Satu di Antaranya Lampaui Ronaldo

Lionel Messi Diklaim Ingin Bertahan di Barcelona

Gol kedua Bilbao yang dicetak Asier Villalibre untuk mengubah skor 2-2 bahkan tercipta secara dramatis. Ia membobol gawang Barcelona pada detik-detik terakhir sebelum pertandingan berakhir untuk memaksakan perpanjangan waktu.

Pada awal babak pertama perpanjangan waktu, Bilbao mampu membalikkan kedudukan lewat gol spektakuler Inaki Williams. Tembakan jarak jauhnya tak bisa diantisipasi oleh Marc-Andre ter Stegen.

Kondisi ini nampaknya membuat para pemain Barcelona frustrasi. Tim asuhan Ronald Koeman seperti kehilangan akal untuk membongkar pertahanan Bilbao dan mencetak gol balasan.

Rasa frustrasi Barcelona ditunjukkan dengan sangat jelas oleh Messi. Jelang pertandingan berakhir, ia secara sengaja memukul Villalibre saat tidak ada duel perebutan bola.

Dengan bantuan VAR, Messi akhirnya dikeluarkan wasit dari pertandingan. Itu merupakan kartu merah keempat Messi sepanjang kariernya.

Dua kartu merah Messi diterima saat memperkuat timnas Argentina. Sementara satu sisanya didapatkan saat memperkuat Barcelona B di Segunda B.

BolaSkor.com telah merangkum tiga momen dan alasan Messi dikartu merah sebelumnya. Berikut penjelasannya:

1. Pena Sport vs Barcelona B (Segunda B 2004-2005)

Lionel Messi saat memperkuat Barcelona B

Setelah melakoni debut resmi bersama tim utama Barcelona pada 16 Oktober 2004, Messi lebih banyak menghabiskan sisa musim itu bersama Barcelona B yang berlaga di Segunda B Division.

Messi tercatat bermain sebanyak 17 laga bersama Barcelona B. Salah satunya laga tandang kontra Pena Sport, 27 Februari 2005.

Messi tentu tidak menyangka laga ini berubah menjadi mimpi buruk. Ia harus dikartu merah pada menit ke-82.

Wasit yang memberikan kartu merah adalah Daniel Sanchez Maroto. Alasannya, Messi melakukan protes berlebihan.


2. Hungaria vs Argentina (Laga uji coba)

Laga uji coba antara Hungaria kontra Argentina pada 17 Agustus 2005 harusnya menjadi momen bersejarah dalam karier Messi. Itu merupakan kali pertama bagi dirinya membela tim senior negaranya.

Namun laga debutnya bersama Argentina berubah menjadi mimpi buruk. Messi kembali mendapat kartu merah pada menit ke-64.

Ironisnya, Messi baru dimasukkan kurang dari satu menit sebelum di kartu merah. Apalagi hukuman tersebut cukup kontroversial.

Insiden berawal dari dihentikannya akselerasi Messi dengan tarikan oleh Vilmos Vanczak. Namun tangan pemain kelahiran Rosario itu mengenai wajah sang lawan sehingga dianggap sebagai sebuah aksi tak sportif.

usai dikartu merah, Messi dikabarkan menangis di ruang ganti. Namun para pemain senior di skuat Tim Tango menghiburnya yang kala itu baru berusia 18 tahun.


3. Argentina vs Chile (Copa America 2019)

Kartu merah Messi sebelum laga kontra Bilbao didapatkan pada Juli 2019 silam. Lagi-lagi ia menerimanya saat memperkuat timnas Argentina.

Melakoni laga perebutan ketiga Copa America kontra Chile, Messi harus meninggalkan lapangan pada menit ke-36. Hal itu setelah dirinya terlibat konfrontasi dengan Gary Medel.

Kedua pemain terlibat aksi saling dorong usai terlibat dalam sebuah duel perebutan bola. Meski tidak ada tandukan atau pukulan, Messi dan Medel tetap dihadiahi kartu merah langsung.

Hal ini sempat membuat Messi tak percaya. ia merasa tidak melakukan kesalahan karena Medel yang mendorongnya.

Lionel Messi Barcelona Timnas Argentina Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan