BolaSkor.com - Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan merupakan kewajiban umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali para pesepak bola dunia meski tengah dalam masa kompetisi.

Keputusan pesepak bola yang berpuasa pada hari pertandingan sempat mengundang polemik. Jose Mourinho salah satu pelatih yang menganggap hal tersebut semestinya tidak dlakukan.

Mourinho mengungkapkan hal tersebut saat masih menangani Inter Milan pada 009 silam. Saat itu ia merasa penampilan salah satu pemainnya, Sulley Ali Muntari sempat menurun selama bulan Ramadan.

Mourinho dikecam banyak pihak karena hal itu. Ia dinilai tak punya hak mengatur sesorang termasuk pemainnya untuk beribadah.

Seiring berjalannya waktu, polemik ini mulai hilang. Para pemain muslim khususnya yang berkarier di Eropa tak ragu untuk tetap berpuasa pada hari pertandingan.

Tak jarang mereka berbuka puasa saat sedang bertanding. Bolaskor.com telah merangkum empat momen pesepak bola berbuka puasa saat pertandingan di bawah ini:

1. Pemain Aljazair saat menghadapi Jerman di Piala Dunia 2014

Kiper Aljazair, Rais M'Bohli ketika berbuka puasa di lapangan

Pada tahun 2014, bulan Ramadan datang bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Dunia. Salah satu tim yang menegaskan untuk tetap berpuasa selama turnamen adalah Aljazair.

Hebatnya, tim yang ditangani Vahid Halilhodzic itu mampu lolos dari fase grup. Namun Aljazair sudah dihadang salah satu favorit juara, Jerman.

Pertandingan Aljazair kontra Jerman berlangsung sore hari. Pada akhir babak pertama, matahari terlihat sudah mulai terbenam, tanda waktu berbuka puasa akan datang.

Saat waktunya tiba, Kiper Aljazair, Rais M'Bohli tertangkap kamera mengambil kantung makanan berisi kurma di sisi gawang. Ia pun langsung memakannya.

Dalam pertandingan tersebut, Aljazair tampil luar biasa. Mereka mampu memaksa Jerman bertanding hingga masa perpanjangan waktu dan hanya kalah tipis 1-2.

2. Pemain Tunisia saat menghadapi Turki pada laga uji coba tahun 2018

Momen berbuka puasa di tengah pertandingan juga pernah dialami timnas Tunisia. Ketika itu mereka melakoni dua laga uji coba kontra Portugal dan Turki jelang berlaga di Piala Dunia 2018.

Menariknya, timnas Tunisia punya trik unik untuk berbuka dalam pertandingan. Caranya adalah sang kiper, Mouez Hassen diminta untuk berpura-pura cedera.

Ketika kiper cedera, maka pertandingan terpaksa dihentikan. Tim medis masuk untuk memberikan perawatan.

Di saat itulah pemain yang lain membatalkan puasa. Momen ini sempat viral di media sosial.


3. Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech saat menghadapi Tottenham Hotspur di semifinal Liga Champions 2018-2019

Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech saat berbuka puasa di lapangan.

Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech tetap berpuasa meski Ajax Amsterdam melakoni duel krusial kontra Tottenham Hotspur pada leg kedua semifinal Liga Champions 2019-2020. Pertandingan ini sangat penting karena mempertaruhkan tiket ke final.

Mazraoui dan Ziyech merupakan pemain inti Ajax saat itu. Meski berpuasa, Kedua pemain ini tetap dimainkan sejak menit pertama oleh pelatih Ajax, Erik ten Hag.

Keduanya tercatat bermain dalam kondisi berpuasa selama 24 menit. Setelah itu, mereka secara bergantian menepi ke pinggir lapangan untuk minum dan mengonsumsi makanan ringan.

Taka lama setelah berbuka, Ziyech mampu menyumbang satu gol cantik untuk membawa Ajax memimpin 2-0. Sayang di akhir pertandingan, mereka harus tertunduk lesu karena Tottenham mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2 dan lolos ke final.

4. Mohamed Salah dan Sadio Mane saat menghadapi Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018-2019

Mohamed Salah berbuka puasa dengan meminum air mineral pada laga final Liga Champions 2019.

Dua bintang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane juga tetap berpuasa meski melakoni laga final Liga Champions 2018-2019 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid. Keduanya terpaksa berbuka di sela-sela pertandingan.

Spanyol merupakan salah satu negara yang waktu puasanya cukup panjang yaitu 16 sampai 17 jam. Padahal kick off pertandingan ini dimulai pada pukul 21.00 wib.

Kedua pemain tersebut akhirnya berbuka puasa saat laga babak pertama akan berakhir. Salah terlihat meminum air mineral saat Jan vertonghen mendapat perawatan karena cedera.

Gelandang Tottenham, Mousa sissoko ternyata juga turut berpuasa pada hari itu. Ia turut menenggak air mineral yang sebelumnya di minum Salah.

Puasa nyatanya tak mempengaruhi performa para pemain tersebut di laga final. Salah bahkan menyumbang satu gol dan membawa Liverpool menang 2-0.