4 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Tangani Timnas Indonesia Selain Henk Wullems

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 19 Agustus 2020
4 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Tangani Timnas Indonesia Selain Henk Wullems
Henk Wullems. (Nos.nl)

BolaSkor.com - Berita duka datang dari Negara Kincir Angin, Belanda. Mantan pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems meninggal dunia, Sabtu (15/8).

Kabar duka dihembuskan AZ Alkmaar, klub yang dipegang pada 1990-1993. Henk Wullems meninggal setelah sakit infark otak selama beberapa waktu. Menurut AD, Wullems akan dikremasi di Tilburg pada hari Sabtu.

Henk Wullems cukup dikenal di Indonesia. Ia pernah memegang Bandung Raya dan membawa klub tersebut menjadi juara Liga Indonesia pada musim 1995-1996.

Pelatih kelahiran Tilburg, Belanda juga pernah memberikan jasanya untuk PSM Makassar sebagai Direktur Teknik pada 1999-2000. Pada musim itu, PSM juga meraih titel juara. Klub lain yang pernah ditangani yakni Persikota, Arema dan Bali Persegi.

Henk Wullems juga pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia. Ia ditunjuk menangani skuat SEA Games menyusul sukses membawa Bandung Raya juara.

Baca Juga:

Henk Wullems di Mata Widodo Cahyono Putro, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Bima Sakti

Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems Meninggal Dunia

Namun ia gagal mengantarkan Garuda meraih medali emas di tanah sendiri. Indonesia hanya kebagian perak dalam SEA Games 1997 di Jakarta setelah takluk 2-4 dari Thailand di final.

Berpulangnya Henk Wullems membuka memori tentang peran arsitek Belanda di sepak bola Indonesia. Wullems bukan satu-satunya pelatih asal Belanda yang pernah menangani Timnas. Bolaskor merangkum deretan pelatih Negara Tulip yang pernah mengarsiteki skuat Garuda. Siapa saja?

1. Wiel Coerver (1975-1976)

Wiel Coerver. (Istimewa)

Wiel Coerver datang ke Indonesia pada 1975 atau setelah membawa Feyenoord Rotterdam menjuarai Piala UEFA 1974. Ia punya tugas memimpin tim menjalani kualifikasi Olimpiade Montreal 1976.

Albert Einstein-nya sepak bola juga menggagas turnamen segitiga yang melibatkan Manchester United dan Ajax Amsterdam. Dalam turnamen ini, Indonesia menahan Manchester United 0-0, sebelum kalah 1-4 dari Ajax.

Intervensi menjadi salah satu sebab hubungannya dengan federasi kurang baik. Timnas Indonesia akhirnya gagal melangkah ke Olimpiade 1976 setelah kalah dari Korea Utara.

2. Frans Van Balkom (1978-1979)

Mantan bek ini bergerak ke Indonesia memimpin NIAC Mitra dan menjadi bagian staf Wiel Coerver, yang digantikan beberapa bulan pada 1979. Frans Van Balkom juga mendapat target di SEA Games 1981, Kualifikasi Olimpiade 1980, Kualifikasi Piala Dunia 1982. Ia hanya mengerjakan tugas sampai Kualifikasi Olimpiade 1980, namun gagal.

3. Wim Rijsbergen (2011-2012)

Wim Rijsbergen. (Rijnmond)

Wim Rijsbergen didatangkan menyusul perubahan di PSSI. Ia menggantikan Alfred Riedl, yang secara mendadak dilepas.

Pelatih asal Belanda itu tak lama bersama Timnas. Ia digeser ketika Kualifikasi Piala Dunia 2014.

4. Pieter Huistra (2015)

Pelatih asal Belanda ini diplot menangani Timnas dengan status sementara. Pada akhir Desember 2014, ia diberi tugas menjadi Direktur Teknik.

Ia memilih cabut dan berkarier di Jepang setelah FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia, sehingga Timnas tak bisa mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Kualifikasi Piala Asia 2019.

Timnas Indonesia Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan