4 Pelatih yang Layak Jadi Pengganti Angelo Alessio di Persija

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 19 Januari 2022
4 Pelatih yang Layak Jadi Pengganti Angelo Alessio di Persija
Luis Milla. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Persija Jakarta mengakhiri kerja sama dengan Angelo Alessio. Pelatih asal Italia tersebut dinilai gagal mengangkat performa tim meski sudah mendatangkan tujuh pemain baru di putaran kedua Liga 1 2021/2022.

Meski demikian, Persija belum mengumumkan pelatih baru pengganti Alessio. Untuk sementara ini kendali tim akan dipegang oleh Sudirman yang sebelumnya menjabat asisten pelatih.

Namun, Sudirman tak bisa menjadi pelatih tetap dengan kontrak panjang, mengingat lisensi kepelatihannya belum Pro AFC sesuai regulasi. Sudirman masih mengantongi lisensi A AFC.

Baca Juga:

Persija Jakarta Pecat Angelo Alessio

Pelatih Borneo FC: Persib Layak Menang

BolaSkor.com mencoba memberikan rekomendasi empat pelatih yang bisa jadi suksesor Alessio. Salah satunya bahkan sempat menangani Persija di Liga 1 musim 2020.

Berikut daftar pelatih yang layak jadi pengganti Angelo Alessio di Persija versi BolaSkor.com:

1. Sergio Farias

Sergio Farias jadi nama pertama yang paling tepat jadi pengganti Angelo Alessio. Sebab, Farias pernah menangani tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut di Liga 1 2020.

Namun, kiprah Farias bersama Persija hanya berlangsung sebentar. Hal ini tidak terlepas dari dihentikannya kompetisi musim 2020 karena pandemi COVID-19.

Meski terhitung singkat, Farias mampu meninggalkan kesan positif. Ia sukses membawa Persija ke Final Piala Gubernur Jatim 2020 dan melewati dua laga Liga 1 2020 tanpa kekalahan dengan rincian sekali menang dan sekali imbang.

Namun, ada satu kendala yang bakal dihadapi manajemen Persija untuk merekrut kembali Farias. Pelatih asal Brasil tersebut saat ini sedang melatih klub kasta tertinggi Liga Qatar, Umm Salal SC.

2. Luis Milla

Luis Milla juga layak dipertimbangkan manajemen Persija. Selain punya kapasitas mumpuni, Luis Milla juga sudah sangat mengenal kultur sepak bola Indonesia.

Pasalnya, Luis Milla pernah menangani Timnas Indonesia selama 1,5 tahun. Di bawah asuhan pelatih asal Spanyol tersebut tim Merah-Putih berhasil meraih medali Perunggu SEA Games 2017 dan mencapai perempatfinal Asian Games 2018.

Luis Milla juga dinilai berhasil mengubah gaya permainan Timnas Indonesia menjadi lebih atraktif. Tipikal permainan yang tentu diidamkan oleh para pendukung Macan Kemayoran.

3. Mario Gomez

Mario Gomez jadi nama berikutnya yang bisa jadi solusi untuk Persija. Pelatih asal Argentina tersebut pernah membawa Johor Darul Ta'zim juara Piala AFC pada tahun 2015.

Mario Gomez juga cukup berpengalaman menangani klub-klub Indonesia. Pelatih berusia 64 tahun tersebut pernah melatih Persib Bandung, Arema FC, dan Borneo FC.

Hal lain yang membuat manajemen Persija bisa lebih mudah mendatangkan Mario Gomez adalah status sang pelatih saat ini. Pasca meninggalkan Borneo FC, Mario Gomez masih menganggur.

4. Ailton Silva

Ailton Silva jadi satu-satunya pelatih 'asing' dalam daftar ini. Asing di sini memiliki arti belum pernah berkarier di Indonesia.

Ailton pernah menjadi kandidat pelatih Persija sebelum kompetisi Liga 1 2020. Namun ketika itu manajemen tim Ibu Kota lebih memilih Sergio Farias.

Meski belum pernah melatih di Indonesia, Ailton punya pengalaman melatih klub Asia Tenggara, yaitu Thailand. Pelatih asal Brasil ini pernah menangani Chiangrai United dan saat ini sedang mengarsiteki Chiangmai United.

Trivia Sepak Bola Persija jakarta Angelo Alessio Sergio farias Luis Milla Mario Gomez Roberto Carlos Mario Gomez Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

3.670

Bagikan