BolaSkor.com – Pemain asing di kancah sepak bola Indonesia datang silih berganti. Mereka datang dari Amerika Latin, Eropa, hingga benua Asia.

Para pemain mencoba melakukan yang terbaik demi prestasi tim yang dibela. Tak sedikit dari mereka yang kerasan dan terus melanjutkan kariernya di Indonesia dengan klub baru.

Selama era Liga 1 ternyata ada beberapa pemain yang terbilang setia kepada satu klub. Banyak faktor yang memengaruhi kesetiaaan, mulai dari manajemen yang bagus, potensi gelar juara, hingga suporter yang luar biasa.

Baca Juga:

5 Penyerang Asing Baru di Liga 1 2021

Setelah Pacheco, Penyerang Bali United Izin Pulang ke Belanda

BolaSkor.com menghitung ada empat pemain yang memiliki kesetiaan terhadap satu klub. Pemain-pemain ini juga berhasil memberikan prestasi yang luar biasa untuk tim tersebut. Siapa saja?

1. Rohit Chand

Pemain asal Nepal ini memang bukan nama yang asing untuk pecinta Persija. Rohit pertama kali bergabung dengan Persija pada tahun 2013 silam. Ia pergi pada tahun 2015 menyusul sanksi FIFA terhadap sepak bola Indonesia dan akhirnya kembali lagi pada tahun 2017.

Pemain Timnas Nepal ini sudah bermain sebanyak 122 pertandingan bersama Persija di seluruh kompetisi, mencetak 8 gol dan membawa Persija juara di Liga 1 2018. Tidak hanya itu saja Rohit juga berhasil menjadi pemain terbaik Liga 1 2018.

Rohit Chand. (Media Persija)


2. Willem Jan Pluim

Pemain asal Belanda ini memang terbilang setia bersama PSM Makassar. Pluim sudah bergabung bersama PSM sejak tahun 2016 silam. Sempat diisukan pergi dan membela klub lain namun Pluim tetap bertahan.

Total 119 pertandingan dicatatkan bersama PSM di seluruh kompetisi. Mantan pemain Roda JC ini sudah mencetak 26 gol bagi PSM. Tidak hanya itu saja ia juga berhasil membawa PSM Juara Piala Indonesia 2018/2019.

Wiljan Pluim. (Twitter)

3. Lee Yoo-joon


Lee Yoo-joon merupakan pemain asing asal Korea Selatan yang dimiliki oleh Bhayangkara FC. Lee bisa dibilang cukup setia membela The Guardian. Bergabung sejak 2016 lalu, Lee sampai saat ini masih berseragam Bhayangkara FC. Kabarnya Lee sedang mengajukan diri menjadi Warga Negara Indonesia.

Bersama Bhayangkara FC, Lee sudah bermain sebanyak 107 pertandingan, meski baru mencetak 6 gol, namun pemain asal Korea Selatan itu mampu memberikan gelar juara untuk Bhayangkara FC pada tahun 2017 silam.

Lee Yoo-joon. (Media Bhayangkara)


4. Marko Simic

Marko Simic menjadi idola baru The Jakmania semenjak kedatangannya pada tahun 2017 silam. Penyerang asal Kroasia itu mampu memberikan dampak yang luar biasa untuk Macan Kemayoran yang sedang haus untuk meraih gelar juara.

Penampilannya langsung gemilang ketika tampil di Piala Presiden 2018. Simic langsung menjadi top skorer pada ajang tersebut dengan 11 gol. Saat ini pemain asal Kroasia tersebut sudah bermain sebanyak 96 pertandingan bersama Persija. Simic berhasil mencetak 78 Gol dan membawa Persija juara di Liga 1 2018 dan juga meraih gelar pencetak gol terbanyak pada tahun 2019.

Marko Simic. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)