4 Pemain Bintang yang Perkenalkan Diri Lewat Piala Dunia Antarklub

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 10 Februari 2021
4 Pemain Bintang yang Perkenalkan Diri Lewat Piala Dunia Antarklub
Piala Dunia Antarklub (Twitter)

BolaSkor.com - Gengsi Piala Dunia Antarklub memang tidak sebesar turnamen yang sama untuk kategori negara. Namun ajang ini kerap dijadikan batu loncatan oleh pemain dari luar Eropa untuk mencuri perhatian klub-klub besar.

Seperti diketahui, Piala Dunia Antarklub mempertemukan para juara dari setiap konfederasi yang bernaung di bawah FIFA. Meski begitu, wakil Eropa dan Amerika Selatan selalu menjadi unggulan di turnamen ini.

Kurang kompetitifnya persaingan menjadi salah satu penyebab berkurangnya gengsi Piala Dunia Antarklub. Level para wakil dari Asia, Afrika, hingga Oceania masih tertinggal jauh.

Baca Juga:

Daftar Juara Piala Dunia Antarklub: Real Madrid Mendominasi

Al Ahly 0-2 Bayern Munchen: Brace Lewandowski Bawa Die Roten ke Final

Andre-Pierre Gignac, Pesepak Bola Anti-Mainstream yang Cetak Sejarah bersama Tigres

Dalam sejarahnya wakil UEFA sangat dominan di turnamen ini. Tim-tim asal benua biru total sudah menjadi yang terbaik dalam 12 kesempatan.

Sementara wakil Amerika Latin hanya mampu empat kali mematahkan dominasi klub Eropa. Menariknya, keempat kejayaan zona Conmebol itu dilakukan oleh klub asal Brasil.

Meski begitu, turnamen ini punya peranan penting dalam perkembangan karier sejumlah pemain bintang. Piala Dunia Antarklub bisa dibilang menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan di Eropa.

Setidaknya ada empat pemain bintang dari luar Eropa yang memperkenalkan dirinya lewat Piala Dunia Antarklub. Berikut ini rangkumannya:

1. Cicinho

Cicinho

Cicinho sempat mengejutkan dunia saat klub sebesar Real Madrid memburunya pada musim panas 2005. Bek kanan Sao Paulo itu bahkan dikabarkan sudah sepakat hijrah ke Santiago Bernabeu pada awal tahun 2006.

Kala itu, Cicinho baru berusia 25 tahun. Namun tidak banyak pecinta sepak bola yang familiar dengan gaya bermainnya.

Tak heran jika sorotan tertuju kepada Cicinho saat Piala Dunia Antarklub 2005 digelar. Sao Paulo memang menjadi salah satu partisipan usai menjuarai Copa Libertadores.

Pemain bernama lengkap Cicero Joao de Cezare tersebut menjadi andalan Sao Paulo di sisi kanan pertahanan. Ia pun sukses mengantarkan klubnya ke tangga juara dengan mengalahkan Liverpool di laga final.

Sepekan kemudian, Madrid secara resmi mengumumkan perekrutan Cicinho. Ironis, kariernya justru meredup setelah pindah ke Spanyol.

Cicinho hanya bertahan selama 1,5 musim di Madrid. Setelah itu, ia pindah ke AS Roma selama lima tahun sebelum kembali ke Brasil.


2. Alexandre Pato

Alexandre Pato berduel dengan Andres Iniesta

Alexandre Pato mencuri perhatian dunia saat membela Internacional di Piala Dunia Antarklub 2006. Saat itu usianya baru 17 tahun.

Pato bahkan memecahkan rekor Pele sebagai pencetak gol termuda di turnamen bikinan FIFA saat membobol gawang Al-Ahly pada fase semifinal. Saat itu usianya baru menginjak 17 tahun 102 hari.

Performa mengesankan Pato di Piala Dunia Antarklub akhirnya menarik minat AC Milan. Rossoneri resmi mendapatkan tanda tangan sang pemain pada musim panas 2007 meski baru bisa memainkannya di putaran kedua.


3. Ever Banega

Ever Banega

Ever Banega juga memanfaatkan Piala Dunia Antarklub sebagai jembatan untuk berkarier di Eropa. Ia berpartisipasi di edisi 2007 bersama Boca Juniors.

Pada turnamen yang berlangsung di Jepang tersebut, Banega memang gagal membawa timnya juara. Pada laga final, Boca takluk dengan skor 2-4.

Namun performanya dalam dua laga sudah cukup meyakinkan Sevilla. Klub Spanyol itu langsung memboyong Banega kurang dari dua pekan setelah Piala Dunia Antarklub berakhir.


4. Neymar

Neymar berduel dengan Lionel Messi

Sebelum membela Santos di Piala Dunia Antarklub 2011, nama Neymar sudah mencuri perhatian dunia. Ia disebut-sebut sebagai titisan Pele karena memiliki skill individu di atas rata-rata.

Hal itu Neymar tunjukkan pada laga semifinal kontra Kashiwa Reysol. Ia mencetak satu gol dengan cara yang spektakuler.

Sayang magisnya tak mampu menghentikan keperkasaan Barcelona di laga final. Santos harus takluk dengan skor mencolok 0-4.

Usai turnamen, Neymar menjadi buruan Real Madrid dan Barcelona. Namun ia memilih bertahan di Santos.

Neymar baru pergi ke Eropa pada musim panas 2013. Barcelona menjadi klub yang beruntung mendapatkannya.

Piala dunia antarklub Neymar Alexandre Pato Ever banega Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan