BolaSkor.com - Bermain di panggung dunia dan disaksikan banyak penggemar adalah impian besar yang ingin dicapai pesepak bola profesional, apalagi jika itu turnamennya sebesar dan se-prestisius seperti Piala Dunia.

Tidak banyak pemain yang cukup beruntung bermain di event empat tahunan itu, apalagi mencetak tiga gol alias hat-trick gol di kala mencetak satu gol saja sulit. Tak ayal keempat pemain di bawah ini menjadi spesial karena mampu melakukannya.

Tidak sekedar mencetak trigol catatan keempat pemain ini semakin spesial karena melakukannya di debut Piala Dunia. Mental yang kuat kian menyempurnakan bakat yang mereka miliki. Siapa saja? Berikut ulasan dari BolaSkor.com:

Baca Juga:

Cerita Blakblakan Marco Materazzi setelah Ditanduk Zidane di Piala Dunia 2006

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Terbaik di Timnas Brasil

Nostalgia - Ketika Pele Menjadi Pencari Bakat Fulham

1. Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta

Piala Dunia 1994 jadi debut bagi Gabriel Batistuta di pesta akbar sepak bola dunia. Debut legenda Fiorentina berjuluk Batigol berjalan manis saat melawan Yunani di fase grup. Tiga gol ditorehkannya pada menit 2, 44, dan 90 (penalti) yang disempurnakan gol Diego Maradona.

Argentina lolos ke fase gugur namun kalah 2-3 dari Rumania pada fase 16 besar Piala Dunia 1994. Batistuta terus bermain untuk Argentina hingga 2002 dan pensiun dengan catatan 77 caps serta torehan 54 gol.

Dalam kariernya Batistuta pernah memperkuat Newell's Old Boys, River Plate, Boca Juniors, Fiorentina, Roma, Inter Milan, dan Al-Arabi. Pasca eranya berakhir Argentina melanjutkan tradisi bagus penyerang dari Carlos Tevez, Sergio Aguero, Gonzalo Higuain, dan Lionel Messi, hingga kini pada era Paulo Dybala dan Lautaro Martinez.

2. Guillermo Stabile

Guillermo Stabile

Jauh sebelum Batistuta menorehkan hat-trick di debut Piala Dunia ada pendahulunya, Guillermo Stabile. Mantan penyerang Huracan, Genoa, Napoli, dan Red Star Paris menghiasi sepak bola dunia pada medio 1920 dan 1930-an.

Caps-nya empat tapi Stabile mencetak delapan gol dengan Argentina pada Piala Dunia 1930. Hat-trick gol ditorehkannya ketika melawan Meksiko. Argentina menang 6-3 dan Stabile menorehkan trigol menggantikan Roberto Cherro yang absen karena demam panggung.

3. Pele

Pele

Pele 'seorang diri' memimpin lini serang Brasil kala menjuarai Piala Dunia tiga kali pada 1958, 1962, dan 1970. Pada 1958 Pele jadi pemain termuda sepanjang masa yang bermain di final Piala Dunia pada usia 17 tahun.

Pele juga menjadi pemain termuda sepanjang masa dengan catatan hat-trick di Piala Dunia, plus 1958 menjadi debut Piala Dunia bagi legenda Santos. Piala Dunia yang melambungkan nama Pele menjadikannya ikon sepak bola dunia. Tidak diragukan lagi Pele adalah talenta terbaik sepanjang masa yang dimiliki Brasil.

4. Geoffrey Hurst

Geoffrey Hurst

Satu-satunya titel Piala Dunia yang diraih Inggris terjadi pada 1966 dan Inggris menjadi tuan rumah. Legenda West Ham United dan Stoke City, Geoffrey Hurst memainkan debut di Piala Dunia 1966 dan langsung membawa The Three Lions ke fase final.

Inggris menang 4-2 melawan Jerman Barat di final dan Hurst menorehkan trigol, dua gol dicetak dalam kurun waktu 30 menit. Inggris juara Piala Dunia dan Hurst menorehkan sejarah besar di debut Piala Dunia. Hebatnya lagi di tahun yang sama juga ia baru memainkan debut di Inggris.

Sepanjang kariernya di level klub Hurst dikenang sebagai legenda West Ham (1959-1972) yang kemudian membela Stoke City, Cape Town, WBA, Cork Celtic, dan Seattle Sounders. Pemerintah Inggris memberinya gelar kehormatan karena membawa Inggris juara Piala Dunia dan kini dikenal dengan nama Sir Geoffrey Hurst.