4 Pemain Kunci Timnas Indonesia Bantai Malaysia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 20 Desember 2021
4 Pemain Kunci Timnas Indonesia Bantai Malaysia
Selebrasi Pratama Arhan usai bobol gawang Malaysia. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia menang 4-1 atas Malaysia, pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Minggu (19/12) malam WIB. Empat gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Irfan Jaya (36' dan 43'), Pratama Arhan (50'), dan Elkan Baggott (82'). Sedangkan satu gol Vietnam dicetak Kogi Raj (13').

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal dengan status juara Grup B. Skuat Garuda koleksi 10 poin dari 4 laga. Mencetak 13 gol dan kebobolan empat gol.

Unggul produktivitas gol dari Vietnam, yang lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B dengan raihan 10 poin dari 4 Laga. The Golden Stars mencetak 9 gol dan tidak kebobolan.

Baca Juga:

Jadwal Semifinal Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Vs Singapura

Man of The Match Malaysia Vs Timnas Indonesia: Pratama Arhan

Vietnam akan bertemu Thailand di semifinal, yang keluar sebagai juara Grup A. Sedangkan Timnas Indonesia menantang tuan rumah Singapura.

Dalam laga tersebut, para pemain Skuat Garuda bermain sangat disiplin dengan formasi 4-3-3. Namun ketika bertahan berubah menjadi 4-5-1.

Malaysia seperti kehilangan akal untuk membongkar pertahanan Timnas Indonesia. Apalagi, Skuat Garuda bermain dengan formasi 5-4-1 di babak kedua, setelah masuknya Elkan Baggott.

Namun, hanya beberapa pemain yang menjadi kunci keberhasilan Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia. Siapa saja mereka? Berikut analisisnya yang disusun BolaSkor.com:

1. Irfan Jaya

Irfan Jaya
Irfan Jaya melawan Malaysia. (PSSI)

Irfan Jaya menjadi aktor dominan dalam laga ini. Bagaimana tidak? Ia menciptakan dua gol. Pergerakan pemain PSS Sleman ini bisa membongkar pertahanan Malaysia dari sisi sayap,

Pemain berumur 25 tahun itu bermain sampai akhir babak kedua. Irfan Jaya tercatat berhasil melewati enam kali pemain Malaysia di area pertahanan sayap.

2. Pratama Arhan

Pratama Arhan
Pratama Arhan saat melawan Malaysia. (PSSI)

Pratama Arhan menjadi pemain kunci kedua yang menonjol dalam laga ini. Pertama, pemain PSIS Semarang ini begitu dominan di sisi kiri sayap Timnas Indonesia.

Ia mengunci pergerakan Safawi Rasid. Kemudian mampu melakukan penetrasi ke lini tengah hingga menciptakan beberapa tembakan.

Kedua, tentu pemain ini mencetak satu gol. Lalu berkat penetrasi dan tendangannya yang dihalau, bola liar disambut Irfan Jaya untuk menciptakan gol.

3. Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto

Rachmat Irianto
Rachmat Irianto melawan Malaysia. (AFF)

Ricky Kambuaya menjadi aktor perusak lini tengah Malaysia. Pemain Persebaya Surabaya itu tidak ada habisnya untuk mengejar bola. Ia pun berkali-kali dapat mencuri bola dari Malaysia dan melakukan tendangan ke arah gawang.

Bersama Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto juga terus berlari memotong serangan Malaysia. Beberapa kali pemain Persebaya Surabaya itu juga melakukan penetrasi.

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Malaysia Timnas malaysia Rachmat Irianto Ricky Kambuaya Irfan Jaya Pratama Arhan Alif Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan