BolaSkor.com - Ralf Rangnick tinggal menunggu waktu untuk diumumkan sebagai pelatih interim Manchester United. Kehadirannya diyakini akan memberikan dampak besar di skuat Setan Merah.

Rangnick dikenal sebagai salah satu penggagas Gegenpressing. Taktik tersebut kini mampu diterapkan dengan sempurna oleh Jurgen Klopp di Liverpool.

Rangnick hampir pasti menerapkan filosofi yang sama di Manchester United. Namun ia butuh mencari formula yang tepat untuk memaksimalkan skema ini.

Baca Juga:

Nostalgia - Ketika Jurgen Klopp Diajari Gegenpressing oleh Ralf Rangnick

Ralf Rangnick Merapat ke Manchester United, Klopp dan Tuchel Angkat Bicara

Ralf Rangnick Hanya Tinggal Diumumkan Manchester United

Materi pemain Manchester United dan Liverpool memang cukup berbeda. Klopp sendiri butuh waktu untuk membuat The Reds tampil seperti saat ini.

Menariknya, kedatangan Rangnick bisa mengancam masa depan sejumlah pemain inti Manchester United. Berikut ini empat di antaranya:

1. Cristiano Ronaldo

Dalam taktik gegenpressing, seluruh pemain di lapangan harus berperan aktif dalam bertahan. Penyerang diminta langsung menekan bek lawan yang menguasai bola.

Skema ini tentu tidak akan disukai oleh Cristiano Ronaldo. Dengan usianya sekarang, ia terlihat lebih efektif dalam menjaga stamina di lapangan.

Melakukan pressing secara terus menerus akan membuat stamina Ronaldo terkuras. Kemampuannya untuk mencetak gol tentu akan berpengaruh.

Menariknya, Rangnick pernah mengomentari performa Ronaldo pada 2016 silam.. Ia menilai megabintang Portugal itu dan Lionel Messi terlalu tua untuk bermain di bawah asuhannya.

“Akan tidak masuk akal untuk berpikir bahwa itu bisa berhasil dengan mereka (Ronaldo dan Messi) di sini. Keduanya terlalu tua dan terlalu mahal," kata Rangnick ketika itu.


2. David De Gea

De Gea sudah bertahun-tahun lamanya menjadi dewa penyelamat Manchester United yang berdiri di bawah mistar. Ia juga mampu merebut status kiper utama kembali sejak awal musim ini.

Namun karakter permainan De Gea kurang disukai Rangnick. Sang pelatih lebih suka memainkan kiper yang rajin keluar kotak penalti untuk memotong serangan lawan.

Dalam skema ini, Dean Henderson lebih cocok untuk dimainkan Rangnick. Namun bukan tidak mungkin dia memberi kesempatan kepada De Gea terlebih dahulu setidaknya sampai akhir musim.


3. Luke Shaw

Pemain inti lain yang posisinya terancam dengan kedatangan Rangnick adalah Luke Shaw. Bek kiri Timnas Inggris itu dianggap tidak layak menjadi andalan Manchester United.

Rangnick memang mengatakan hal tersebut lebih dari satu tahun lalu. Sementara Shaw berkembang pesat kemudian dan tampil memukau di Piala Eropa 2020.

Shaw punya kesempatan untuk mengubah pandangan Rangnick tentang dirinya. Masalahnya, performanya jauh menurun ketimbang saat tampil di Piala Eropa silam.


4. Paul Pogba

Pogba sangat mungkin menjadi korban pertama kedatangan Rangnick. Gaya bermainnya memang sangat tidak mendukung untuk bermain gegenpressing.

Pogba dikenal sebagai gelandang berkualitas dengan skill individu mumpuni. Namun ia dinilai sangat malas dalam membantu pertahanan.

Rangnick juga pernah mengomentari Pogba. Ia menganggap pemain berkebangsaan prancis itu tak lebih baik dari Naby Keita yang kini memperkuat Liverpool.