4 Pemain Muda Timnas Indonesia yang Diprediksi Bersinar di Piala AFF 2020

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 05 Desember 2021
4 Pemain Muda Timnas Indonesia yang Diprediksi Bersinar di Piala AFF 2020
Grafis Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

BolaSkor.com - Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 didominasi oleh pemain-pemain muda di bawah usia 25 tahun. Bahkan dari 30 nama yang dibawa ke Singapura, hanya dua pemain yang berusia di atas 30, yaitu Fachruddin Aryanto (32) dan Victor Igbonefo (36).

Jika dirata-rata usia para pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 202 adalah 23,8 tahun. Rataan usia tersebut lebih muda ketimbang Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 yang mencapai 24,65 tahun.

Baca Juga:

Legenda Timnas Indonesia Bicara Peta Persaingan di Piala AFF 2020

Singgung Park Hang-seo dan Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia Ingin Ukir Sejarah

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikenal senang memberikan kepercayaan kepada para pemain muda. Nama-nama seperti Muhammad Riyandi, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri kerap jadi andalan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Dari 18 pemain di bawah usia 25 tahun yang masuk Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, BolaSkor.com memprediksi beberapa di antara mereka akan bersinar pada turnamen dua tahunan tersebut.

Berikut empat pemain muda Timnas Indonesia yang diprediksi bersinar pada gelaran AFF 2020:

1. Muhammad Riyandi

Kiper milik Barito Putera, Muhammad Riyandi, merupakan salah satu pemain muda yang menghuni Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Kiper berusia 21 tahun tersebut berhasil menyingkirkan nama-nama besar, seperti salah satunya Andritany Ardhiyasa.

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lebih memilih Riyandi ketimbang kiper Persija Jakarta tersebut untuk mengawal gawang Skuat Garuda di Piala AFF 2020. M Riyandi diprediksi akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia di turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Hal ini tercermin dari susunan pemain yang diturunkan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Afghanistan dan Myanmar pada 16 dan 25 November lalu di Turki. Itu merupakan uji coba terakhir Skuat Garuda sebelum bertolak ke Singapura.

2. Elkan Baggott

Bek tengah berusia 19 tahun, Elkan Baggott, jadi salah satu pemain muda Timnas Indonesia yang diprediksi bakal bersinar di Piala AFF 2020. Dengan kemampuan dan atribut yang dimiliki Baggott, pemain Ipswich Town tersebut kerap diandalkan Shin Tae-yong di barisan belakang Timnas Indonesia.

Saat laga uji coba Timnas Indonesia kontra Afghanistan, Baggott tampil solid dalam mengawal pertahanan Skuat Garuda bersama Fachruddin Aryanto. Besarnya pengaruh Baggott terlihat dalam pertandingan tersebut.

Baggott ditarik keluar di menit 70, lalu barisan pertahanan Timnas Indonesia jadi kehilangan keseimbangan. Gawang Timnas Indonesia yang dikawal M Riyandi akhirnya jebol di menit 85 oleh Omid Popalzay.

3. Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain yang mengawali karier sepak bola di tim junior PSM Makassar pada 2015 ini tumbuh jadi bek sayap andalan Timnas Indonesia. Berkat skill olah bolanya, Asnawi kini memperkuat klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners

Bergabungnya Asnawi ke Ansan Greeners juga tidak terlepas dari campur tangan Shin Tae-yong. Manajer pelatih Timnas Indonesia itu merekomendasikan Ansan Greeners untuk merekrut Asnawi.

Hasilnya sejauh ini cukup memuaskan. Asnawi mencatatkan satu gol dan beberapa assist di K2 League, atau divisi kedua liga sepak bola Korea Selatan.

4. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri adalah nyawa permainan Timnas Indonesia. Sejak namanya dikenal di Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri, kemampuannya terus berkembang.

Pemain asal Medan tersebut selalu jadi andalan baik di Timnas U-19, Timnas U-22, Timnas U-23, dan Timnas Senior. Bahkan Egy sudah bermain di dua klub Eropa, Lechia Gdansk (Polandia) dan FK Senica (Slovakia).

Bersama FK Senica, Egy tampil gemilang. Pemain yang identik dengan nomor punggung 10 itu sudah mencatatkan dua gol di Liga Slovakia.

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong Muhammad Riyandi Elkan Baggott Asnawi Mangkualam Egy Maulana Vikri Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.297

Bagikan