4 Pemain yang Pernah Perkuat Milan dan Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 14 September 2021
4 Pemain yang Pernah Perkuat Milan dan Liverpool
Mario Balotelli (Twitter)

BolaSkor.com - Duel Liverpool dan AC Milan merupakan salah satu laga yang dinanti di fase grup Liga Champions. Dua tim dengan sejarah besar di Eropa akan saling bentrok di penyisihan grup B yang juga berisikan Atletico Madrid dan Porto.

Duel sengit pun sudah tersaji di laga pertama grup. Liverpool akan menjamu Il Rossoneri di Anfield, Kamis (16/09) pukul 02.00 dini hari WIB. Itu akan jadi pertemuan ketiganya di Eropa sejak 2007.

Status keduanya memang tim tradisional Eropa dengan raihan titel Liga Champions terbanyak setelah Madrid: Liverpool enam dan Milan tujuh. Akan tapi mereka baru bertemu dua kali di Eropa pada final 2005 dan 2007.

Baca Juga:

Sebelum Bersua Liverpool, Milan Ingin Nikmati Pesta Kemenangan Kontra Lazio

Profil Harvey Elliott, Wonderkid Liverpool yang Terancam Layu sebelum Berkembang

Jadwal Siaran Langsung Liga Champions: Barcelona Vs Bayern dan Liverpool Vs Milan Live Televisi

Anfield markas yang angker bagi tamu-tamu yang datang, tetapi unikya dalam dua laga terakhir di sana melawan tim-tim Italia laga berakhir imbang: satu melawan Napoli di musim 2019-2020 (1-1) dan melawan Atalanta di musim 2020-2021 (0-2).

Milan kembali ke Liga Champions setelah lama absen. Skuad tim sudah jauh berbeda dibanding masa lalu dan saat ini dilatih oleh Stefano Pioli.

Berbicara mengenai laga Liverpool kontra Milan menarik untuk melihat siapa saja pemain yang cukup beruntung bermain untuk dua tim prestisius tersebut. Penasaran? Berikut keempat nama tersebut.

1. Mario Balotelli

Baru ini Roberto Mancini, pelatih timnas Italia yang pernah menjadi juru taktik Manchester City, menyayangkan talenta Mario Balotelli yang tidak berkembang maksimal. Padahal Balotelli bisa jadi salah satu yang terbaik di Eropa pada posisinya.

Pada usia 31 tahun kini Balotelli bermain di Turki dengan Adana Demirspor. Balotelli punya kans sukses tapi di masa lalu kerap berulah di luar lapangan pertandingan.

Di masa lalunya itu Balotelli pernah membela Milan pada dua periode (2013-2014 dan 2015-2016) dan Liverpool (2014-2016). Di antara itu periode terbaiknya hadir di Milan pada musim 2013-2014.

Kendati tak meraih trofi Balotelli yang datang pada Januari 2013 mencetak 12 gol dari 13 laga Milan, membantu klub lolos ke Liga Champions musim depan. Balotelli meninggalkan kedua klub itu tanpa raihan trofi.

2. Gabriel Paletta

Bek underrated (jarang disorot) tapi kariernya cukup berwarna karena pernah membela Liverpool, Milan, Atalanta, dan Parma. Kini Gabriel Paletta (35 tahun) bermain di Serie B dengan Monza.

Berdarah Argentina Paletta berpaspor Italia dan memiliki tiga caps. Paletta mengawali karier dengan Banfield dan sempat membela Liverpool pada musim 2006-2007. Paletta hanya numpang lewat di Liverpool karena tak banyak main di sana.

Setelahnya selama delapan tahun Paletta bermain di Boca Juniors dan FC Parma sebelum akhirnya ke Milan. Tiga tahun di Milan Paletta sempat memenangi Piala Super Italia, jadi pilihan utama, sebelum kedatangan rekrutan anyar membatasi waktu bermainnya. Paletta pun pindah ke Jiangsu Suning sebelum ke Monza.

3. Fabio Borini

Penyerang berusia 30 tahun saat ini membela klub Turki Fatih Karagumruk. Fabio Borini dikenal sebagai penyerang yang dapat bermain di sisi sayap hingga sentral dengan etos kerja tinggi.

Produk akademi Chelsea bermain untuk Liverpool pada medio 2012-2015 dan sempat dipinjamkan ke Sunderland. Borini jadi rekrutan pertama Liverpool di era Brendan Rodgers.

Borini baru pindah ke Milan pada 2017 dan bermain di sana hingga 2020. Performanya relatif biasa saja di Milan dan pada akhirnya Borini dilepas ke Hellas Verona sebelum gabung Karagumruk.

4. Alberto Aquilani

Dahulu kala digadang-gadang sebagai calon suksesor Francesco Totti di AS Roma. Akan tapi seperti halnya Alessandro Florenzi, karier Alberto Aquilani tak berkembang maksimal dan ia banyak cedera.

Aquilani yang berposisi sebagai gelandang pernah menjajal bermain di Inggris bersama Liverpool pada medio 2009-2012, tetapi ia tak banyak bermain di sana dan kesulitan beradaptasi dengan cepatnya sepak bola Inggris.

Milan meminjamnya pada musim 2011-2012 dari Liverpool dan mereka tak mempermanenkan kontraknya. Klub terakhir yang dibela pria berusia 37 tahun itu adalah Las Palmas pada musim 2017-2018.

Breaking News Milan AC Milan Liverpool Liga Champions Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan