4 Pembalap yang Kenakan Nomor 1 di MotoGP Dua Dekade Terakhir

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 09 Februari 2021
4 Pembalap yang Kenakan Nomor 1 di MotoGP Dua Dekade Terakhir
Casey Stoner. (MotoGP)

BolaSkor.com - MotoGP memiliki juara baru dalam diri Joan Mir. Kini muncul perdebatan apakah Mir akan mengenakan nomor 1 atau tidak pada musim 2021.

Dalam jajak pendapat di akun sosial media MotoGP, 51,4 persen dari 4.681 responden menginginkan Mir tetap menggunakan nomor 36. Sementara 48,6 persen sisanya mendukung penggunaan nomor 1.

Sepanjang dekade 2010an, MotoGP didominasi oleh Marc Marquez yang enggan menggunakan nomor 1. Sebelumnya adalah era Valentino Rossi yang identik dengan nomor 46.

Baca Juga:

Valentino Rossi Hanya Punya Satu Jurus Rahasia

Ducati Cepat Move On dari Andrea Dovizioso

Bisa dibilang, selama dua dekade terakhir nomor 1 tidak laku di MotoGP. Selain dikelilingi faktor klenik seperti kutukan, pembalap lebih memilih personal branding dengan nomor mereka.

Marquez dengan nomor 93-nya atau Rossi yang identik dengan nomor 46. Alhasil, Mir pun dinanti, apakah akan tetap menggunakan nomor 36 atau beralih ke nomor 1.

Mir sendiri baru akan mengumumkan nomor motornya pada 12 Februari mendatang. Hingga saat ini belum ada petunjuk apakah pembalap asal Spanyol itu akan menggunakan nomor berapa.

Kilas balik sedikit, selama dua dekade terakhir, hanya ada empat nama yang pernah menggunakan nomor 1 di motor mereka. Siapa saja? Berikut ini BolaSkor.com merangkum daftarnya:

Kenny Roberts Jr.

Kenny Roberts Jr.

Kenny Roberts Jr. dipecat Yamaha setelah musim perdana di MotoGP pada 1996. Tiga tahun berselang, Kenny beruntung mendapat kesempatan dari Suzuki.

Memasuki milenium baru, Kenny bersaing dengan Valentino Rossi yang masih rookie pada MotoGP 2000. Saat itu dia keluar sebagai pemenang edisi tersebut.

Setelah menjadi juara, Kenny memutuskan untuk mengenakan nomor 1. Sayang, kutukan justru dimulai setelah dia hanya menempati peringkat ke-11 di MotoGP 2001.

Breaking News Trivia MotoGP Casey Stoner Jorge lorenzo Motogp
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan