BolaSkor.com - Manchester City dan Real Madrid harus saling bunuh pada semifinal Liga Champions 2021-2022. Menariknya, sejumlah penyerang bernama besar pernah memperkuat kedua tim.

Manchester City dan Madrid terbilang jarang bertemu. Sepanjang sejarah Liga Champions, kedua tim baru enam kali saling berhadapan.

Uniknya, rekor pertemuan kedua tim sangat seimbang. Manchester City dan Madrid sama-sama mengemas dua kemenangan dan dua kekalahan serta dua sisanya berakhir imbang.

Baca Juga:

Prediksi Man City Vs Real Madrid: Duel Dua Pemuncak Klasemen

Jadwal Siaran Langsung Leg Pertama Semifinal Liga Champions

Remontada Sudah Biasa untuk Real Madrid di Liga Champions

Manchester City dan Madrid juga tak jarang berbisnis di bursa transfer. Sejumlah pemain tercatat pernah memperkuat kedua tim.

BolaSkor.com merangkum setidaknya ada empat penyerang papan atas yang ada dalam daftar ini. Berikut rinciannya:

1. Robinho

Robinho bisa dibilang menjadi transfer paling mencuri perhatian yang melibatkan manchester City dan Madrid secara langsung. Penyerang berkebangsaan Brasil itu pindah ke Etihad Stadium dengan memecahkan rekor transfer.

Ketika itu, Manchester City yang baru dimiliki Sheikh Mansour bin Zayed menebus Robinho dari Madrid dengan biaya 32,5 juta poundsterling. Nilai tersebut langsung memecahkan rekor transfer Premier League.

Kepindahan Robinho ini sendiri terbilang mengejutkan. Itu karena dirinya merupakan salah satu andalan Madrid di lini depan.

Namun performa Robinho memang mulai menurun dalam satu tahun ke belakang. Godaan uang besar dari Manchester City pada akhirnya sulit ditolak Madrid dan sang pemain.

Robinho menjawab kepercayaan Manchester City dengan cukup baik pada musim perdana. Sayang setelah itu, ia mulai tersisih dengan bintang-bintang anyar lain yang didatangkan.


2. Nicolas Anelka

Sebelum Robinho, Nicolas Anelka lebih dulu menjadi penyerang yang pernah memperkuat Madrid dan Manchester City. Namun ia memiliki cerita yang berbeda di kedua klub.

Anelka mencuri perhatian saat diboyong Madrid dari Arsenal pada musim panas 1999. Ketika itu nilai transfernya cukup tinggi yaitu 22,3 juta poundsterling.

Sayang, Anelka gagal bersinar di Madrid. Ia kesulitan mencetak gol sehingga dijual kembali setahun berselang ke Paris Saint-Germain (PSG).

Namun karier Anelka tak kunjung membaik di PSG. Les Parisiens bahkan meminjamkannya ke Liverpool pada paruh musim 2001-2002.

Kembali ke Inggris membuka jalan Anelka ke Manchester City. Rival sekota Manchester United itu memang meminang sang penyerang pada musim panas 2002.

Anelka menandai musim perdananya dengan koleksi 14 gol. Jumlah tersebut menempatkannya sebagai top skorer klub.

Anelka sayangnya hanya tampil selama 2,5 musim bersama Manchester City. Ia kemudian diboyong Fenerbahce yang berani menebusnya dengan biaya 7 juta poundsterling.


3. Emmanuel Adebayor

Adebayor menjadi penyerang lain yang pernah memperkuat kedua tim. Bedanya, ia hanya berstatus pinjaman saat memperkuat Madrid.

Adebayor dibajak Manchester City dari Arsenal dengan biaya 25 juta poundsterling pada musim panas 2009. Ia diharapkan menjadi solusi dari tumpulnya lini depan.

Adebayor tercatat membukukan 19 gol dari 45 laga bersama Manchester City. Namun ia kemudian diusir Roberto Mancini setelah kedatangan Edin Dzeko dan Mario Balotelli pada musim panas 2011.

Madrid akhirnya menampung Adebayor pada bursa transfer Januari 2011. Padahal mereka sudah memiliki nama-nama besar seperti Gonzalo Higuain, Karim Benzema, hingga Cristiano Ronaldo.

Meski begitu, Adebayor tampil cukup baik bersama Madrid. Ia mampu membukukan delapan gol dari 22 laga di semua kompetisi.

Sayangnya performa tersebut tak cukup membuat Madrid mau mempermanenkan statusnya. Adebayor kemudian ditampung oleh Tottenham Hotspur.


4. Alvaro Negredo

Manchester City memboyong Negredo dari Sevilla pada musim panas 2013. Tidak banyak yang tahu bahwa sang penyerang pernah memperkuat Madrid.

Negredo awalnya menjadi andalan Madrid B selama dua musim pada periode 2005 hingga 2007 sebelum dijual ke Almeria. Namun pada 2009, Madrid mengaktifkan klausul pembelian kembali untuk Negredo.

Sang penyerang dianggap menunjukkan perkembangan pesat di Almeria. Negredo kemudian tampil menjanjikan selama masa pramusim 2009-2010.

Namun pada akhirnya, Negredo gagal memperkuat Madrid pada musim tersebut. Ia dijual kembali ke Sevilla dengan harga 15 juta euro.

Negredo nyatanya mampu menunjukkan kualitasnya di Sevilla. Performa tersebut membuat Manchester City tergoda dan meminangnya.