4 Perubahan di Liga Champions Musim Ini, dari Bola hingga Jadwal Kick-Off

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 18 September 2018
4 Perubahan di Liga Champions Musim Ini, dari Bola hingga Jadwal Kick-Off
(uefa)

BolaSkor.com - Kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa memulai fase penyisihan Grup, Selasa (18/9) malam WIB. Real Madrid berusaha kembali mempertahankan gelar mereka. Sementara klub besar macam Paris Saint-Germain masih terus berupaya mewujudkan ambisi besar mereka.

Peta persaingan Liga Champions musim ini terbilang sengit. Tidak sedikit klub secara kualitas meningkat dengan masuknya pemain-pemain baru. Contohnya Juventus yang rela menggelontorkan banyak dana untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo.

Musim ini, terdapat beberapa perubahan yang ditempuh UEFA agar membuat Liga Champions lebih menarik. Dari bola resmi hingga aturan-aturan baru.

Berikut empat perubahan ajang Liga Champions musim ini:

1. Bola Resmi Baru

Untuk musim 2018-19, Liga Champions akan menggunakan Adidas Finale 18 sebagai bola resmi. Adidas sendiri sudah dipercaya selama 17 tahun untuk mendesain bola Liga Champions.

Adidas Finale 18 menggambarkan sisi inovatif lewat desain yang menarik. Bola ini juga disebut mampu membuat pemain mudah mengontrol sentuhan pertama saat menerima umpan.

2. Aturan Baru Pergantian Pemain

Musim ini UEFA mengadopsi sistem pergantian pemain seperti yang diterapkan di Piala FA Inggris. Dalam 90 menit, masing-masing tim hanya bisa memasukkan tiga pemain cadangan. Satu tambahan pergantian diperbolehkan saat laga memasuki babak tambahan, seperti yang sudah diterapkan pada Piala Dunia 2018 lalu.

Selain itu jika sebelumnya masing-masing tim hanya boleh membawa 18 pemain, kini menjadi 23 pemain.

3. Jadwal Kick-Off Baru

Pada musim sebelumnya kick-off Liga Champions dimulai pada 18.45 GMT atau 02.45 dini hari WIB. Kini, itu dimajukan menjadi pukul 17.55 (01.55 WIB) ada beberapa laga yang mulai lebih cepat dua jam (23.55 WIB). Sedangkan untuk fase grup 20.00 GMT atau 04.00 dini hari WIB.

4. Aturan Baru Pendaftaran Pemain
Untuk musim ini, tidak ada larangan bagi pemain untuk memperkuat dua klub yang berlaga di Liga Champions.

Contoh musim lalu, Barcelona tidak bisa mendaftarkan Philippe Coutinho yang dibeli dari Liverpool pada Januari 2018. Pasalnya, Coutinho terdaftar sebagai pemain The Reds di putaran pertama. Kini aturan tersebut sudah ditiadakan.

Liga Champions Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.106

Bagikan