4 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi Sepanjang LaLiga 2019-2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 20 Juli 2020
4 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi Sepanjang LaLiga 2019-2020
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona memang gagal merebut gelar juara LaLiga 2019-2020 usai kalah bersaing dengan Real Madrid. Namun hal itu tak membuat sinar Lionel Messi meredup.

Messi tetap menunjukkan diri masih yang terbaik di LaLiga. Padahal usianya sudah tak muda lagi.

Barcelona memang harus menjalani masa-masa sulit sepanjang musim ini. Berbagai permasalahan sempat melanda tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Baca Juga:

Raih El Pichichi, Lionel Messi Masih Murung

Lionel Messi Pecahkan Rekor Legenda Barcelona di LaLiga

Pembelaan Quique Setien Usai Dikritik Lionel Messi

Dimulai dari performa tak konsisten mereka sepanjang paruh pertama yang berujung pemecatan Ernesto Valverde. Masuknya Quique Setien sebagai penganti nyatanya tak membuat situasi membaik.

Barcelona justru dilanda sejumah konflik internal. Messi bahkan terlibat langsung dalam beberapa kasus.

Pemain berkebangsaan Argentina itu sempat beradu argumen dengan direktur olahraga, Eric Abidal. Ia tak senang karena dituduh sebagai dalang pemecatan Valverde.

Messi juga sempat dirumorkan menolak kebijakan pemotongan gaji yang dibuat manajemen Barcelona pada masa pandemi. Hal ini dengan tegas dibantahnya.

Messi juga diisukan berseteru dengan Setien dan staf pelatih Barcelona lainnya. Hal itu setelah dirinya tertangkap kamera mengabaikan instruksi asisten pelatih, Eder Sarabia pada laga kontra Celta Vigo, akhir Juni silam.

Namun berbagai masalah tersebut tak membuat penampilan Messi melempem di lapangan. Ia tetap menjadi andalan Barcelona dalam setiap pertandingan hingga mampu membukukan empat rekor individu.

Berikut empar rekor individu yang dibukukan Messi pada LaLiga 2019-2020:

1. Rekor Pichichi terbanyak

Messi kembali merebut gelar pencetak gol terbanyak atau pichichi pada LaLiga 2019-2020. Ia sudah meraih trofi ini sebanyak tujuh kali sepanjang kariernya.

Messi berhasil membukukan 25 gol dari 33 pertandingan. Jumlah tersebut sebenarnya merupakan yang terendah selama La Pulga meraih gelar pichichi.

Pada musim 2011-2012, Messi merebut gelar top skorer dengan koleksi 50 gol dari 37 laga. Sementara pada lima kesempatan lainnya, torehan golnya paling sedikit adalah 34 gol yang dibukukan pada musim 2009-2010 dan 2017-2018.

Tujuh gelar pichichi membuat Messi kini menjadi pemain yang paling banyak meraih trofi tersebut. Sebelumnya ia harus berbagi rekor itu dengan Telmo Zarra yang meraih enam gelar.


2. Rekor assist terbanyak

Satu assist Messi kepada Ansu Fati saat Barcelona membantai Alaves 5-0 pada laga terakhir LaLiga 2019-2020, Minggu (19/7), ternyata bermakna istimewa. Berkat hal itu ia memecahkan rekor assist terbanyak dalam satu musim sepanjang sejarah LaLiga.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Xavi Hernandez yang menorehkan 20 assist pada musim 2008-2009. Sementara Messi mampu membukukan 21 assist.

Apa yang dilakukan Messi tersebut tentu sangat luar biasa. Apalagi ia berposisi sebagai ujung tombak yang tugas utamanya adalah mencetak gol.


3. Rekor 20 gol dan 20 assist

Status sebagai raja gol dan raja assist yang diraih Messi pada musim ini juga merupakan sebuah rekor. Ia orang pertama yang mampu mencetak lebih dari 20 gol dan 20 assist dalam satu musim di LaLiga.

Messi menjadi pemain kedua yang mampu menorehkan hal tersebut di liga-liga elite Eropa. Orang pertama yang mampu melakukannya adalah Thierry Henry ketika membela Arsenal pada musim 2002-2003 dengan torehan 24 gol dan 25 assist di Premier League.

Henry menorehkan hal tersebut pada masa keemasannya. Sementara Messi melewati catatan tersebut ketika berusia 33 tahun.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan Messi justru kian lengkap. Ia tak hanya tajam tapi juga bisa melayani rekan setimnya.


4. Rekor 700 Gol

Satu rekor pribadi juga berhasil dibukukan Messi pada LaLiga 2019-2020. Ia mampu mencetak gol ke-700 sepanjang kariernya.

Total gol tersebut memang tak semuanya dicetak di LaLiga melainkan gabungan dari seluruh ajang termasuk tim nasional. Namun Messi menorehkan rekor itu saat Barcelona bermain imbang dengan Atletico Madrid pada pekan ke-33 kompetisi kasta tertinggi Negeri Matador, akhir Juni lalu.

Tak banyak pemain yang bisa mencetak lebih dari 700 gol. Selain Messi hanya ada enam nama yang mampu melakukannya.

Keenam nama yang dimaksud adalah Gerd Muller, Cristiano Ronaldo, Ferenc Puskas, Pele, Romario, dan Josef Bican. Mereka adalah para pemain dengan kemampuan istimewa yang tak muncul setiap tahunnya.

Lionel Messi Barcelona LaLiga Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan