BolaSkor.com - Marc Marquez kembali membuat catatan fantastis di MotoGP 2018. Bagaimana tidak, dari total 19 putaran (satu lomba: MotoGP Inggris dibatalkan), pembalap Repsol Honda tersebut merasakan sembilan kemenangan.

Praktis hanya empat lomba, ia tidak mendapat poin sama sekali. Rinciannya dua lomba, ia finis di luar zona poin. Dua lomba lagi, ia tidak finis.

Baca Juga:

Analogi Persaingan Marc Marquez-Valentino Rossi dengan Lionel Messi-Cristiano Ronaldo

5 Pembalap dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP: Dari Rossi sampai Marquez

Namun dua kejadian di mana ia gagal finis: MotoGP Australia dan Valencia, terjadi ketika ia sudah memastikan titel juara dunia.

Ya, Marquez memang sudah memastikan titel juara dunia pada lomba putaran 16: MotoGP Jepang. Dia pun mengakhiri MotoGP 2018 dengan selisih 76 poin dari runner-up, Andrea Dovizioso.

BolaSkor.com pun merangkum 4 rekor yang berhasil dipecahkan Marquez setelah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2018.

1. Pembalap Termuda dengan Lima Gelar Juara Dunia MotoGP

Marquez menjadi pembalap termuda yang memenangi lima gelar juara di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. Usianya ketika mengunci gelar di MotoFGP 2018 masih 25 tahun dan 246 hari atau mematahkan rekor Valentino Rossi (26 tahun dan 221 hari).

2. Pembalap Termuda dengan Tujuh Gelar Juara Dunia di Semua Kelas Kejuaraan Dunia Balap Motor

Kini Marquez berstatus juara dunia tujuh kali (1-125 cc, 1-Moto2, dan 5-MotoGP). Praktis pada usia 25 tahun 246 hari ketika memastikan gelar ketujuh, ia mengalahkan rekor Mike Hailwood, berusia 26 tahun dan 140 hari ketika merebut gelar juara ketujuh pada 1966.