BolaSkor.com - Fase grup UEFA Nations League edisi kedua tengah memasuki masa-masa krusial. Sejumlah negara di divisi teratas masih berlomba-lomba untuk merebut tiket ke semifinal.

Trofi UEFA Nations League memang hanya akan diperebutkan oleh 16 tim yang berlaga di Liga A. Masing-masing peringkat pertama dari empat grup yang ada langsung melaju ke semifinal.

Timnas Prancis menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke semifinal. Kepastian itu didapat Les Blues usai menaklukkan Portugal dengan skor 1-0, Minggu (15/11) dini hari WIB.

Baca Juga:

3 Solusi Sementara Krisis Lini Belakang Liverpool Tanpa Rekrut Bek Baru

5 Pemain yang Berpotensi Berperang Melawan Klubnya pada Bursa Transfer Musim Dingin

5 Klub yang Berpeluang Comot Cristiano Ronaldo dari Juventus

Kemenangan itu mengokohkan Prancis di puncak klasemen grup 3 Liga A. Tim asuhan Didier Deschamps tersebut mengemas 13 poin dari lima laga yang sudah dijalani.

Prancis unggul tiga poin dari Portugal di peringkat kedua. Dengan satu laga tersisa, sang rival sudah tidak mungkin mengejar karena kalah head to head.

Kegagalan tersebut membuat Portugal gagal mempertahankan gelar. Itu artinya, UEFA Nations League edisi kedua akan punya juara baru.

Selain Portugal, setidaknya ada empat tim besar lain yang juga terancam gagal melaju ke semifinal. Mereka masih kesulitan merebut puncak klasemen di grupnya masing-masing.

Berikut empat tim besar yang terancam mengikuti jejak Portugal gagal lolos ke semifinal UEFA Nations League:

1. Belanda

Timnas Belanda

Belanda menjadi salah satu tim besar yang berpeluang mengikuti jejak Portugal. Dengan dua laga tersisa, Der Oranje masih tertahan di peringkat ketiga grup 1.

Hal ini cukup ironis mengingat Belanda berstatus sebagai finalis edisi sebelumnya. Bayang-bayang kegagalan yang dialami Portugal nampaknya mulai menghantui tim asuhan Frank de Boer tersebut.

Belanda wajib menyapu bersih dua laga sisa kontra Bosnia Herzegovina dan Polandia demi merebut puncak klasemen. Namun mereka juga harus bergantung dengan hasil yang diraih Italia.

Masalahnya, performa Belanda sejak ditangani De Boer terlihat belum maksimal. Mantan pelatih Ajax Amsterdam itu masih puasa kemenangan dari empat laga yang sudah dijalani.


2. Italia

Timnas Italia

Tak jauh berbeda dengan Belanda, Italia juga terancam gagal melaju ke semifinal. Tim asuhan Roberto Mancini masih tertinggal satu poin dari Polandia yang memuncaki klasemen grup 1 dengan dua laga tersisa.

Meski begitu, peluang Italia sedikit lebih besar dari Belanda. Tim Azzurri hanya perlu memenangi dua laga tersisa tanpa bergantung dengan hasil tim lain untuk lolos ke semifinal.

Italia akan menjamu Polandia dan bertandang ke markas Bornia Herzegovina pada dua laga terakhirnya. Sebuah jadwal yang harus bisa dimanfaatkan dengan sempurna oleh Leonardo Bonucci dan kawan-kawan.


3. Inggris

Timnas Inggris

Inggris juga berada di posisi yang terjepit karena masih tertahan di peringkat ketiga grup 2 dengan dua laga tersisa. Tim asuhan Gareth Southgate tersebut tertinggal dua poin darin Belgia yang memuncaki klasemen.

Namun jadwal sisa di grup ini kurang mendukung Inggris. The Three Lions harus melakoni laga tandang kontra Belgia, lalu menjamu Islandia.

Kekalahan atas Belgia pada Senin (16/11) dini hari WIB, akan secara otomatis menutup peluang Inggris melaju ke semifinal. Kemenangan pada dua laga terakhir juga belum membuat posisi mereka aman karena masih harus melihat hasil yang dirah Denmark.


4. Spanyol

Timnas Spanyol

Tim besar lain yang terancam gagal lolos ke semifinal UEFA Nations League adalah Spanyol. Tim Matador masih tertahan di peringkat kedua grup 4 dengan satu laga tersisa.

Spanyol tertinggal satu poin dari Jerman yang memuncaki klasemen sementara. Menariknya, kedua negara akan saling bunuh di laga terakhir.

Spanyol harus memenangi laga kontra Jerman untuk lolos ke semifinal. Sementara Tim Panser cukup mencari hasil imbang untuk mengamankan posisinya.