BolaSkor.com - Agen pemain menjadi sosok penting terutama di tengah ramainya bursa transfer. Keberadaan agen ini menentukan sukses atau tidaknya sebuah klub menggaet pemain incaran.

Peran agen belakangan memang semakin kuat. Mereka bahkan secara tak langsung bisa menentukan nasib pemain, bahkan klub. Tak cuma itu, agen juga dituding menjadi salah satu sebab melambungnya nilai transfer dalam beberapa tahun belakangan.

Bisa dibayangkan berapa jumlah bayaran, komisi, atau bonus yang didapat agen tiap kali sebuah transaksi ditutup dengan nilai tinggi. Agen merupakan katalis di belakang saga-saga transfer. Para agen melakukan apapun demi mendapatkan deal yang menguntungkan kliennya.

Agen juga acap menjadi corong pemain di depan media. Di sisi lain, agen juga melakukan pergerakan di balik layar, berbicara dengan klub, yang kadang menyalahi aturan.

Dengan jutaan pemain di seluruh dunia, tentu banyak agen yang beredar. Namun, hanya segelintir yang biasanya disebut sebagai "Super Agen". Mereka ini adalah agen yang memiliki pemain-pemain papan atas dunia. Otomatis, para agen ini memiliki pendapatan yang spektakuler.

Para agen umumnya mendapatkan pemasukan dari komisi transfer pemain, persentase gaji pemain (umumnya sekitar 10 persen), dan menjadi pihak ketiga pemilik pemain.

Berikut lima agen berpredikat super yang menangani transfer-transfer dengan nilai tinggi.