5 Alasan Barcelona Sulit Comeback Kontra PSG

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 09 Maret 2021
5 Alasan Barcelona Sulit Comeback Kontra PSG
Barcelona Vs PSG (Twitter)

BolaSkor.com - Tidak ada yang tak mungkin di dunia sepak bola. Namun, apakah Barcelona bisa comeback setelah kalah 4-1 pada leg pertama melawan Paris Saint-Germain (PSG)?

Barcelona akan menghadapi PSG pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020-2021, di Stadion Parc des Princes, Kamis (11/3) dini hari WIB. Barca mengusung misi remontada usai kalah 4-1 di kandang.

Barcelona punya pengalaman comeback melawan PSG. Pada babak 16 besar Liga Champions 2015-2016, Los Cules lolos dari lubang jarum setelah menang 6-1 pada leg kedua di Camp Nou. Sebelumnya, Barca kalah 4-0 di Paris.

Namun, kondisi saat ini tentu berbeda. PSG belajar dari pengalaman dan tidak ingin menjadi penyakitan.

Berikut ini adalah lima alasan Barcelona akan sulit comeback melawan PSG:

Sejarah Tak Berpihak

Barca Vs PSG

Alasan pertama tentu saja jarak 4-1 yang terukir pada leg pertama. Berdasarkan sejarah, sulit untuk melaju ke babak berikutnya usai kalah telak pada leg pertama.

Statistik mencatat, sepanjang sejarak Liga Champions atau Liga Europa, tidak ada tim yang melaju dari babak gugur dengan sistem tandang kandang usai kalah dengan jarak paling tidak tiga gol pada leg pertama di kandang.

Sejarah tersebut menjadi bukti memang tidak mudah mengejar kemenangan setelah kalah paling tidak dengan gap tiga gol. Posisi kian sulit jika setidaknya sang lawan bisa menciptakan satu gol pada leg kedua.

PSG Trengginas di Kandang

PSG setidaknya mencetak satu gol dalam 22 pertadingan kandang terakhir di Liga Champions. Total, dari kesempatan tersebut Les Parisiens mengkreasikan 61 gol. Tim terakhir yang bisa mencatatkan clean sheet ketika bersua PSG di Paris adalah Real Madrid (0-0, Oktober 2015).

Dengan kondisi saat ini, tentu pekerjaan Barcelona akan semakin berat jika PSG setidaknya bisa mencetak satu gol. Apalagi, jika skuad asuhan Mauricio Pochettino itu unggul terlebih dahulu.

Para penyerang PSG seperti Kylian Mbappe dan Mauro Icardi tentunya akan terus berusaha menebar ancaman. Apalagi, berkembang hipotesis Neymar sudah bisa bermain.

Badai Cedera

Barcelona akan menghadapi PSG dengan kekuatan yang timpang. Sebab, sejumlah pemain inti mengalami cedera.

Philippe Coutinho, Ansu Fati, Sergi Roberto, Ronald Araujo, dan Gerard Pique dikabarkan tidak bisa tampil karena sedang dalam masa pemulihan.

Hilangnya pemain-pemain tersebut tentu mengurangi kekuatan Barcelona. Apalagi, sebagian di antaranya punya insting menyerang yang tinggi, kemampuan yang dibutuhkan Barcelona untuk mengejar kemenangan.

PSG Beda Kelas dengan Sevilla

Barca Vs PSG

Suporter Barcelona tentunya berharap tim kesayangan bisa mengulangi remontada seperti melawan Sevilla. Namun, satu hal yang perlu diingan PSG lebih mengilap daripada Sevilla.

Wakil Prancis tersebut dibangun untuk memenangi Liga Champions. Sejumlah pemain berkualitas dan syarat pengalaman menghiasi setiap lini PSG.

Para pemain tersebut memiliki pengalaman untuk menjaga keunggulan yang ada saat ini. Bahkan, ketika kalah 2-0 pun PSG masih keluar sebagai pemenang.

Ancaman Kelelahan

Satu hal lainnya yang bisa menghambat comeback Barcelona adalah kelelahan. Lionel Messi dan kawan-kawan menghadapi jadwal padat dalam beberapa pekan terakhir.

Posisi Barcelona yang berlaga di LaLiga, Liga Champions, dan Copa del Rey membuat jadwal padat. Dalam satu pekan, Barcelona bisa menghadapi tiga pertandingan.

Ditambah dengan perjalanan ke Paris, tentunya akan ada tenaga yang lebih terkuras. Kondisi tersebut bisa berdampak pada penampilan di lapangan. Para pemain yang berusaha mengejar ketertinggalan justru dalam kondisi tidak maksimal karena faktor stamina.

Barcelona Breaking News Paris Saint-Germain Liga Champions Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.359

Bagikan