BolaSkor.com - Arsenal tidak lagi menentukan nasib mereka dalam perburuan zona Liga Champions. Kesempatan itu masih terbuka jelang pekan terakhir Premier League, tapi menang saja tidak cukup bagi Arsenal.

Arsenal sampai pekan 37 Premier League terpaut dua poin dengan Tottenham Hotspur yang ada di urutan empat. Apabila Arsenal memenangi laga terakhir mereka, maka di laga lain Tottenham menang maka Arsenal tidak masuk empat besar.

Itu membuat fans frustrasi karena Arsenal sebelumnya mengontrol sendiri nasib mereka, namun karena inkonsistensi bermain posisi itu tak lagi mereka tentukan sendiri. Kendati demikian Mikel Arteta tetap melihatnya sebagai hal positif.

Baca Juga:

3 Fakta Menarik Mengenai Marquinhos, The New Martinelli untuk Arsenal

68 Juta Poundsterling Disiapkan Arsenal untuk Rekrut Tiga Pemain Baru

Belum Mentas di Arsenal, William Saliba Sudah Samai Capaian Legenda The Gunners

“Ya (Liga Europa hal positif) karena kami telah menciptakan ekspektasi yang pantas untuk klub ini dan di mana klub ini seharusnya berada,” ucap Arteta seperti dilansir dari Goal.

"Dalam dua bulan terakhir, kami belum dapat memenuhi harapan itu tetapi secara keseluruhan, melihat ke belakang di mana kami berada, Anda juga harus jelas dengan apa yang harus kami lakukan,"

"Kami memiliki masalah yang jauh lebih dalam di klub daripada tabel liga, menurut pendapat saya. Sekarang mereka telah diselesaikan. Sekarang mereka terlihat sangat kuat dan kami memiliki fondasi yang sangat kuat sekarang untuk membangun apa yang ingin kami lakukan."

Beberapa fans tidak setuju, tapi ada alasan mengapa Liga Europa suatu hal positif untuk Arsenal. Apa saja alasan tersebut?

1. Masih Zona Eropa

Liga Europa bukan Liga Champions dan menilik fakta mereka tak bermain di Eropa musim ini, fokus di kompetisi domestik, Arsenal seharusnya masuk zona Liga Champions. Akan tapi Liga Europa tetap jadi hal positif.

Pasalnya di awal musim banyak yang memprediksi Arsenal bahkan tak bisa masuk enam besar setelah melalui serangkaian hasil negatif. Tak ayal lima besar atau zona Liga Europa masih satu hal positif untuk Arsenal.

2. Kans Pemain Muda

Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, dan Emile Smith Rowe adalah contoh pemain-pemain muda yang diberikan kans oleh Arsenal mentas di tim utama. Mereka mendapatkan pengalaman bermain dengan baik.

Dengan tampil di Liga Europa maka nama-nama lain seperti Marcelo Flores, Omari Hutchinson, hingga Charlie Patino dapat bermain lebih sering lagi musim depan.

3. Pemain Incaran

Marquinhos merapat begitu juga Aaron Hickey. Incaran lain Arsenal seperti Gabriel Jesus tak menentu jika klub bermain di Liga Europa, tapi nama-nama lainnya masih realistis untuk direkrut.

Apalagi jika Arsenal menjanjikan jam bermain yang lebih banyak mengingat ada Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini. Tak ayal Arsenal masih bisa memperkuat skuad dengan bijak.

4. Pemain Jarang Main

Dengan asumsi pemain-pemain seperti Cedric Soares dan Mohamed Elneny bertahan, maka mereka akan memiliki banyak waktu bermain musim depan apabila Arsenal bermain di Liga Europa.

Pengalaman mereka akan berguna ketika memimpin pemain-pemain muda Arsenal saat bermain.

5. Kans Memenangi Trofi

Arteta sudah memenangi titel Piala FA dan Liga Europa bisa jadi target berikutnya, apalagi pemenang Liga Europa akan langsung mendapatkan jatah bermain di Liga Champions pada musim berikutnya.

Persaingan tidak mudah, tetapi memenangi Liga Europa masih lebih realistis untuk Arsenal ketimbang di Liga Champions.