5 Alasan Musim Ini Akan Sempurna untuk Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 10 Februari 2018
5 Alasan Musim Ini Akan Sempurna untuk Barcelona
Barcelona (Denis Doyle - Getty Images)

BolaSkor.com - Di antara lima liga top Eropa dan klub-klub yang berada di dalamnya, Barcelona bisa disebut tim terbaik saat ini. Laju mereka masih sulit dibendung musim ini. Barca juga masih berpatisipasi di tiga kompetisi: La Liga, Copa del Rey, dan Champions League.

Teranyar, kemenangan 2-0 atas Valencia mengantarkan Barcelona mencapai final Copa del Rey untuk kelima kalinya beruntun dalam lima tahun terakhir - memecahkan rekor dalam sejarah 114 tahun Copa del Rey.

Jika terus berlanjut seperti ini, Barca asuhan Ernesto Valverde bisa mengikuti jejak pendahulunya, Pep Guardiola dan Luis Enrique, saat meraih treble winners di tahun 2009 dan 2015. Sejauh ini, sentuhan emas Valverde masih berjalan dengan baik.

Memang, segalanya masih bisa terjadi - Barca tiba-tiba kalah di Champions League atau kalah di final Copa del Rey. Tetapi, ada lima alasan kuat, mengapa hal tersebut sangat minim terjadi kepada Lionel Messi cs musim ini. Apa saja?

1. Tak Terkejar di La Liga

Barca belum pernah kalah di La Liga musim ini. Mereka terus menjaga jarak dari para rival terdekat, dan yang paling terdekat adalah Atletico Madrid dengan perbedaan...sembilan poin. Ya, itu poin terdekat.

Sementara dengan Valencia dan Real Madrid yang ada di urutan tiga dan empat, Barca terpaut 18 dan 19 poin. Melihat performa stabil Barca, serta ketajaman Messi serta Luis Suarez, sulit rasanya ada keajaiban terjadi musim ini.

Satu lagi catatan bagus Barca saat ini adalah jumlah 11 kebobolan gawang tim, yang dikawal Marc Andre Ter Stegen - kedua terbaik setelah Jan Oblak di Atletico.

2. Raja Copa del Rey

Mencapai final lima kali beruntun itu tidak mudah, dan tentunya, bukan karena keberuntungan semata. Barca melakukannya karena mereka menganggap serius turnamen tersebut. Terbukti, selama tiga musim terakhir, Barca meraihnya tiga kali beruntun.

Di final nanti, Barcelona akan melawan Sevilla yang baru berganti pelatih dari Eduardo Berizzo, menjadi Vincenzo Montella. Barca punya kans besar menjuarainya empat kali beruntun, mengingat Sevilla belum sepenuhnya memahami gaya bermain Montella.

3. Peran Valverde

Banyak yang langsung skeptis dengan kans sukses Barca musim ini, ketika mereka dipermalukan Madrid di ajang Piala Super Spanyol. Namun, seiring berjalannya waktu, Valverde mengubah rasa pesimistis fans menjadi antusiasme untuk meraih trofi.

Menerapkan taktik 4-4-2, Valverde memberikan keseimbangan bermain Barcelona yang tidak melulu asyik menyerang, tetapi lupa bertahan. Alhasil, Barca saat ini tidak hanya tajam dalam urusan mencetak gol, tapi juga solid ketika bertahan. Tak pelak, Valverde merupakan kunci sukses Barca musim ini, apabila sukses menyapu bersih trofi di seluruh kompetisi.

4. Andil Pemain Baru

Sejauh ini, Valverde tidak hanya membeli "kucing dalam karung" ketika mendatangkan pemain ke Camp Nou. Mereka yang datang di bursa transfer mampu memberikan kontribusinya untuk permainan tim seperti: Paulinho, Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, Nelson Semedo, hingga Yerry Mina.

Bahkan, pemain yang sebelumnya menghilang di era Enrique, seperti Aleix Vidal dan Paco Alcacer, memiliki peran penting di dalam rencana bermain Valverde. Jadi, situasi Barca dengan Madrid musim lalu berbanding terbalik musim ini. Barca memiliki skuat yang lebih bagus ketimbang El Real.

5. Magis La Pulga

Fenomena yang diperlihatkan Madrid dan Barcelona itu seyogyanya unik dari musim ke musim berikutnya. Bukan hanya keduanya bergantian menduduki singgasana kerajaan, tapi juga kedua tim kerapkali bergantung dengan megabintang yang "berasal dari luar angkasa", Messi dan Cristiano Ronaldo.

Jika Ronaldo tampil gila, maka performa Madrid juga terangkat dan berpotensi besar meraih trofi di akhir musim. Pun demikian Messi. Nah, melihat fenomena itu, maka Barca diunggulkan saat ini.

La Pulga sudah mencetak total 27 gol dan memberi 14 assists dari total 35 pertandingannya musim ini. Messi bukan cuma menjadi mesin gol Barca, melainkan membuka ruang bagi rekan setim dengan visi bermainnya. Performa Messi juga meningkatkan performa para pemain Barca lainnya.

FC Barcelona Ernesto Valverde Lionel Messi Luis Suarez Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan